Said: Bunga Pinjaman Ditanggung Pemda

Saturday 8 Jun 2013, 5 : 55 pm
by

BANYUWANGI-Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Said Abdullah berjanji akan memberikan kredit modal kerja tanpa bunga kepada masyarakat kecil, terutama sector usaha kecil dan menengah (UKM).  Dukungan modal kerja ini  sebagai langkah mengurangi angka pengangguran di Jawa Timur yang kecendrungan meningkat setiap.  “Ada segmen-segmen tertentu yang memang mendapat perlakuan khusus, terutama pada sektor UKM. Makanya, saya selalu mendatangi pasar-pasar kecil dan tradisional untuk memetakan apa sebenarnya persoalan yang dihadapi,” ujar Said Abdullah disela-sela menyapa warga di Pasar Banyuwangi, Sabtu (8/6).

Menurut dia, jika Bambang-Said diberi kepercayaaan memimpin rakyat Jawa Timur maka target ditahun pertama adalah melakukan pemberdayaan sektor UKM.  Hal ini penting mengingat potensi sector UKM sangat.  

Dia yakin, pemberdayaan sector UKM ini sangat strategis mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur.  Sebab faktannya, angka kemiskinan di Jawa Timur masih tinggi, tercermin dari indeks gini rasio yang  kian melebar. “Kalau UKM, PKL, anak-anak muda yang mau berwirausaha, silahkan pinjam modal ke bank (tentu bankable) dengan bunga pinjamannya ditanggung pemda Jawa Timur. Hal ini diyakini menumbuhkan wirausaha baru,” jelas dia.

Selama ini, kata dia UKM sulit berkembang karena bunga kredit perbankan sangat tinggi sekitar 16 persen.  Suku bunga kredit tinggi yang dipatok perbankan menyebabkan sector UKM tidak mampu berkompetisi dengan skala usaha yang besar-besar.Karena itu, jika  UKM mau maju maka harus difasilitasi dalam bentuk kemudahan kredit. “Dan saya percaya, rencana saya ini bisa diimplementasikan,” kata dia.

Said yakin, program kredit tanpa bunga bagi UKM ini sangat efektif mengurangi angka kemiskinan yang kecendrungannya bertambah. “Bunga kredit sekarang 16 persen per tahun. Kalau pinjam Rp 1 juta maka bunga yang dibayarkan ke bank Rp 160 ribu. Kalau pinjam Rp 100 juta maka bunganya Rp 16 juta.  Ini sangat memberatkan. Tetapi kalau beban bunga ini ditanggung pemerintah maka dana yang dialokasikan membayar bunga ini bisa dipergunakan untuk menggerakan sector UKM sehingga bisa tumbuh tinggi,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mendagri Minta Daerah Percepat Realisasi Belanja APBD Tahun 2021

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara tegas meminta

Wamenparekraf Ajak Generasi Muda Turut Kembangkan Ekonomi Digital

MELBOURNE-Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan