#SEBUAH ORKESTRA

Saturday 23 Apr 2022, 6 : 48 pm
by
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri

Oleh: Firli Bahuri

Sahabat, dalam suasana libur saya terus memikirkan cara terbaik memberantas korupsi di negeri ini berdasar UU dan ketentuan yang ada.

Saya menulis tulisan kecil ini untuk menjelaskan jalan pikiran saya dan hubungannya dengan lembaga yang saya pimpin.

Saya berpendapat bahwa pemberantasan korupsi bukan sesuatu yang misterius, bukan sesuatu yang irasional yang membuat segala tindakan atasnya tampak seperti fiksi dan sia-sia.

Karena korupsi itu nyata dan ada di sekitar kita.

Bagi saya pemberantasan korupsi itu rasional, dia kalkulatif, terukur secara matematis dan dapat dijelaskan berdasar kerangka teoritis dan aplikasi teknis. Sehingga upaya penanganannya pun nyata tidak utopia.

Menurut saya penting bagi kita untuk mendudukan perkara korupsi dan penangananya sebagai sesuatu yang rasional, dan hal ini harus bisa kita jelaskan di hadapan publik seperti apa yang beberapa pekan lalu telah saya sampaikan di hadapan para yang terhormat anggota Komisi III @DPR_RI .

Rasanya, banyak hal yang membuat saya terus berpikir akibat mungkin saja oleh beberapa konsepsi yang salah dari masa lalu yang sudah jadi pendapat umum.

Selama ini kita terlalu fokus pada kesibukan menciptakan berita berita sensasi tentang pemberantasan korupsi.

Padahal sejatinya sebagaimana amanah UU dan cara kerja sistem bernegara, sebuah tindakan pemberantasan korupsi adalah perlindungan bagi sistem itu sendiri, bukan justru merusaknya.

Manusia kerja terbatas sementara sistem bekerja terus menerus tanpa henti  7  hari 24 jam.

1 Comment

  1. I would like to thank you for the efforts you have put in writing this site. I am hoping the same high-grade website post from you in the upcoming also. In fact your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up is a great example of it.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

TPN Ganjar-Mahfud Terapkan Strategi Prorakyat Dorong Kenaikan Elektabilitas

JAKARTA-Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menerapkan strategi prorakyat dalam menyikapi

Dampak COVID-19, BI Pastikan Ketersediaan Uang Rupiah di Masyarakat

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) telah melakukan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah