Sepatu Bata Tutup Operasional Pabrik di Purwakarta

Senin 6 Mei 2024, 1 : 06 pm
ilustrasi

JAKARTA – Manajemen PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mengumumkan telah menghentikan operasional pabrik Perseroan yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat pada 30 April 2024.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan BATA Hatta Tutuko,  dalam keterbukaan informasi ke BEI, Jumat (03/5/2024) mengatakan, Perseroan telah melakukan bebagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan  industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat.

Menurut Hatta, BATA sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta, karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di pabrik ini terus menurun.

Selain itu, kapasitas produksi pabrik jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia.

Dengan begitu, Perseroan tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta.

Keputusan tersebut, lanjut Hatta, merupakan langkah terbaik yang diambil Perseroan berdasarkan evaluasi menyeluruh dan kesepakatan pihak terkait.

Hatta menegaskan, Perseroan berkomitmen untuk memastikan kelancaran transisi bagi seluruh karyawan dan mitra yang terkena dampak perubahan ini.

BATA menderita kerugian sebesar Rp80,65 miliar pada Januari-September 203, membengkak 294,76% dibanding rugi Rp20,43 miliar pada Januari-September 2022.

Penjualan bersih Perseroan turun 0,42% menjadi Rp488,47 miliar pada Januari-September 2023, dari Rp490,57 miliar periode sama 2022

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gagal “Buy Back” Lionel Messi, Barcelona Dapatkan Ilkay Gundogan dari Manchester City

BARCELONA – Barcelona sangat ingin membeli kembali atau buy back

Danai Proyek Mini LNG, Anak Usaha Jababeka Raih Kredit Rp149,08 Miliar

JAKARTA – PT Likuid Nusantara Gas (LNG), anak usaha PT