Serangan Cak Imin Soal Kegagalan Food Estate “Tampar” Prabowo dan Limpo

Thursday 28 Sep 2023, 9 : 30 am
by

Oleh: Mohamad Guntur Romli

Serangan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Cawapres Anies Baswedan terkait program food estate yang menurutnya terbukti gagal yang kena adalah Prabowo, Menteri Pertahanan dari Gerindra dan Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian dari Partai Nasdem.

Food estate adalah program Presiden Jokowi untuk membangun lumbung-lumbung pangan baru sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

Food estate adalah program yang baik dan harus didukung, namun masalahnya di tingkat eskekusi program yang dikerjakan oleh Kementrian Pertahanan dan Kementrian Pertanian.

Kegagalan eksekusi food estate bisa dibadingkan dengan pembangunan BTS yang dikorupsi, oleh menteri kader Nasdem, jadi jangan salahkan program pembangunan BTSnya, atau program food estatenya, tapi kesalahan korupsi dan kegagalan dalam tingkat eksekusi.

Ibarat menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri.

Dengan menyebut food estate sebagai program gagal, Cak Imin seperti menampar muka Menteri Pertanian yang berasal dari Nasdem yang merupakan koalisi utama Cak Imin sebagai Cawapres Anies Baswedan yang didukung penuh oleh Nasdem.

Menurut liputan BBC Indonesia yang bekerjasama dengan LSM Pantau Gambut, 15 Maret 2023 menyoroti kegagalan food estate di Kalimantan Tengah yang digarap oleh Kementrian Pertahanan Prabowo di Kabupaten Gunung Mas dan Kementrian Pertanian dari Nasdem di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Inti dari liputan itu 600 hektar lahan food estate di Gunung Mas yang dikerjakan Prabowo mangkrak dan terbengkalai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kapolda Papua Harus Bertanggungjawab Atas Insiden Berdarah di Timika

JAKARTA-Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw harus bertanggung jawab atas

Una Brands Siapkan Rp 500 Miliar Untuk Bawa Brand Lokal ke Kancah Internasional

JAKARTA-Startup agregator e-commerce Una Brands, kini hadir di Indonesia. Lembaga