Soal Proyek IKN, Masyarakat Adat Kalimantan Minta Pemerintah Tetap Pertahankan Nilai Kearifan Lokal

Tuesday 1 Mar 2022, 1 : 50 am
by
Juru Bicara Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Agustiar Sabran kepada wartawan di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Senin (28/02/2022).

JAKARTA-Masyarakat Kalimantan meminta kepada Presiden Joko Widodo agar dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) melibatkan segenap potensi putra-putri asli Pulau Kalimantan.

Begitupun dalam menduduki jabatan-jabatan strategis pada Badan Otorita IKN.

“Dengan memberikan afirmasi yang tertulis dengan jelas dalam peraturan turunan Undang-Undang (UU) IKN,” kata Juru Bicara Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Agustiar Sabran kepada wartawan di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Senin (28/02/2022).

Seperti diketahui, masyarakat Kalimantan yang terdiri dari Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Kesultanan Paser, Kesultanan Banjar dan Dewan Adat Provinsi se Pulau Kalimantan menggelar pertemuan guna merespon pelaksanaan pembangunan IKN paska penetapan Undang-Undang.

Lebih jauh Agustiar Sabran mendesak agar dalam pelaksanaan pembangunan IKN dapat memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal Kalimantan dengan membangun fasilitas dan mempertahankan simbol-simbol adat, adab serta pusat budaya dalam ruang lingkup utama di wilayah IKN.

“Melibatkan secara langsung segenap pemangku kelembagaan adat Pulau Kalimantan dalam merumuskan dan menyusun peraturan perundang-undangan sebagai turunan dari UU IKN,” ungkapnya lagi.

Legislator Komisi III DPR ini memastikan kelompok masyarakat Kalimantan memberikan dukungan dan akan terlibat secara penuh dan sungguh-sungguh.

“Perwujudan dan pelaksanaan pembangunan IKN di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan konektivitas pembangunan kewilayahan antar provinsi yang ada di Pulau Kalimantan,” ujar kakak Kandung Gubernur Kalimantan Tengah.

Politisi PDIP ini mengapresiasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pimpinan serta anggota DPR atas pengesahan Undang-Undang IKN pada 18 Januari 2022.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada Presiden RI bapak Ir. H. Joko Jokowi dan memastikan agar pembangunan IKN terus berkesinambungan siapapun pemimpin Indonesia ke depan,” imbuhnya.

Dalam pertemuan masyarakat Kalimantan tersebut hadir, antara lain: Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Dr. Drs. Martin Billa, MM, Sultan Kesultanan Kutainegara Ing Martadipura Drs Aji Muhammad Arifin, M.Si.

Lalu, Sultan Kesultanan Banjar Sultan Haji Khairul Saleh Al Mu’thasim Billah dan Sultan Kesultanan Paser Aji Muhammad Jarnawi, SH. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hari Buruh Internasional: “Liberalisasi Investasi ASEAN Mendorong Upah Murah”

Hari Buruh Internasional: “Liberalisasi Investasi ASEAN Mendorong Upah Murah”  

Gugatan Dikabulkan MK, Novanto Sumbang 152 Hewan Qurban

JAKARTA-Hari Raya Idul Adha kali ini sangat spesial untuk Ketua