Tahun 2023, Ekspor Batik Ditargetkan Mencapai USD 100 Juta

Rabu 2 Agu 2023, 8 : 26 pm
Ibu Negara, Iriana Widodo

Agus menambahkan, tradisi memakai batik harus digalakkan sebagai wujud kehormatan pada kearifan lokal.

Selain itu, batik memiliki nilai seni yang tinggi sehingga bisa digunakan di berbagai kesempatan, baik acara resmi maupun kasual.

“Ada makna dalam kebiasaan kita menggunakan batik baik dari aspek fesyen, sosial budaya, dan ekonomi,” imbuhnya.

Gelar Batik Nusantara 2023 digelar pada 2-6 Agustus 2023 di Senayan Park, Jakarta Pusat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia, diikuti oleh lebih dari 250 peserta.

“Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Batik Indonesia (YBI) atas segala upayanya dalam melestarikan, mengembangkan, melindungi serta mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia,” ujar Menperin.

Transformasi Menuju Industri Hijau

Menperin pun menegaskan, pihaknya mendukung penuh kepada para pelaku industri batik yang telah melakukan transformasi ke arah industri yang ramah lingkungan.

“Karena itu pada tahun 2022, kami telah menyusun buku yang berjudul Mengenal Industri Batik Ramah Lingkungan, yang dapat menjadi salah satu pedoman pelaku industri batik dalam bertransformasi,” ujarnya.

Guna meningkatkan daya saing industri batik Indonesia, Kemenperin mendorong proses pembuatan batik yang ramah lingkungan.

Tujuannya untuk menciptakan efisiensi pemakaian bahan baku, energi, dan hemat air, sehingga limbah yang dihasilkan lebih sedikit.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Optimis di Tahun Politik

Situasi ini membuat investor kian ragu memegang Dolar Amerika Serikat.

HUT ke-77 RI, Puan Ajak Seluruh Anak Bangsa Bangun Kekuatan Nasional

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani di HUT ke-77 Kemerdekaan Republik