Tingkatkan Ekonomi Ummat, Menteri BUMN Ajak Pesantren Buka Pertashop

Saturday 1 May 2021, 12 : 25 pm
by
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Muhammad Luthfi Bin

PEKALONGAN-Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengajak Pondok Pesantren menjadikan Pertashop sebagai teman usaha yang menguntungkan dalam rangka meningkatkan perekonomian ummat.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Badan Pengurus Harian MES yang juga sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kegiatan sosialisasi Pertashop di Pondok Pesantren (Ponpes) yang disaksikan oleh anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Habib Muhammad Luthfi Bin  di Pekalongan, pada Kamis (30/4).

Erick  didampingi Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Fanshurullah Asa, Direktur Utama PT Pertamina Retail, Iin Febrian, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi, dan Executive General Manager Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Sylvia Grace Yuvenna.

“Kehadiran BUMN seyogyanya dapat menjadi lokomotif penyeimbang ekonomi baik untuk pesantren maupun warga di sekitar pesantren,” ujar Erick.

Menurut Erick, sudah dialokasikan sebanyak 1.000 unit Pertashop tiap tahunnya khusus untuk pesantren.

“Hal ini dilakukan agar perekonomian pesantren menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Hal ini dipertegas dengan pernyataan dari Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya selaku Dewan Pertimbangan Presiden.

Dia mengatakan memiliki impian agar pesantren mempunyai sebuah mesin yang dapat memberikan keuntungan ekonomi kepada ummat dan berkelanjutan.

“Kita tidak tahu ada apa di masa yang akan datang, zaman serba modern, tidak bisa lagi kita menjadi single fighter harus berbisnis sehingga ekonomi ummat dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus pondok pesantren se-Jawa Tengah untuk mengambil kesempatan ini agar kemandirian ekonomi ummat dapat bangkit.

“Saat ini bola ada di Bapak/Ibu pemilik dan pengurus pesantren di Jawa Tengah. Dengan adanya Pertashop dapat menjadi pembangkit ekonomi ummat sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,” ujarnya.

Dijumpai di lokasi yang sama, Direktur PT Pertamina Retail, Iin Febrian, mengatakan Pertamina berkomitmen mencapai target 10.000 unit Pertashop tiap tahunnya termasuk 1.000 unit alokasi untuk pondok pesantren dapat tersedia di seluruh Indonesia. 

“Selain itu, dengan adanya dukungan MES serta Bank Syariah Indonesia (BSI), diharapkan  Pertashop di pondok pesantren dapat terwujud dengan cepat sehingga ada pengembangan pesantren,” ungkap Iin.

Ia menambahkan, sesuai arahan menteri BUMN, Pertashop di Pesantren nantinya tidak hanya menjual produk dari Pertamina saja seperti BBM dan LPG.

“Produk dari BUMN lain sangat memungkinkan untuk dijual di Pertashop sehingga Pertashop menjadi sebuah ekosistem ekonomi di pondok pesantren,” ujarnya.

Peran pondok pesantren dan para pengusaha daerah untuk menyukseskan Program Pertashop sangat diperlukan sehingga terbangun Pertashop di setiap desa sejalan dengan Program One Village One Outlet (OVOO) untuk pemerataan energi.

Saat ini, sudah beroperasi sebanyak 1.670 unit Pertashop yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.  Khusus di wilayah Jawa Bagian Tengah terdapat hampir 290 unit Pertashop yang sudah dan siap melayani kebutuhan energi masyarakat.

“Saat ini kesempatan untuk membangun Pertashop masih terbuka lebar, kami mengajak para pengusaha, investor dan pondok pesantren untuk bersama dengan Pertamina dan Pemerintah mewujudkan kemandirian energi dan ekonomi,” pungkas Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Sylvia Grace Yuvenna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Inflasi Mei 2019 Disumbang Kelompok Pengeluaran

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka inflasi Mei 2019 sebesar

Zumi Zola Didakwa Suap Anggota DPRD Jambi Rp16,49 Miliar

JAKARTA-Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola didakwa menyuap 52 orang anggota