TPN Ganjar-Mahfud Terapkan Strategi Prorakyat Dorong Kenaikan Elektabilitas

Kamis 28 Des 2023, 1 : 51 am
Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo

“Rebound-nya sudah terjadi. Dengan data obyektif hari ini, kami harus mulai persiapkan strategi untuk putaran kedua. Butuh sesuatu yang signifikan untuk membuat Pilpres ini berlangsung satu putaran,” kata Andi.

Kolam Suara
Andi juga menyoroti kolam suara paslon 2, yang dinilainya terus mengering setelah adanya dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebelum ada dukungan Jokowi, kami perhatikan kolamnya masih kuat. Tapi begitu ada dukungan Jokowi, terutama kemunculan Mas Gibran dan Kaesang Pangarep di Partai Solidaritas Indonesia, suara di kolam Jokowi dan Prabowo semakin menurun,” jelas Andi.

Dikatakan, dalam kondisi normal, kolam Jokowi dan Prabowo bisa terisi hingga 80%, bahkan mencapai 100%.

“Tapi hal ini tidak terjadi. Suara Prabowo-Gibran di setiap survei tidak pernah stabil di atas 45%. Selalu berada di kisaran 35%, 40%, dan 43%. Menurut perhitungan saya, rata-rata suara Prabowo-Gibran berada di angka 38,7%,” jelas Andi.

Menurut Andi, masih ada selisih elektabilitas yang dapat direbut pasangan Ganjar-Mahfud, melalui kestabilan citra Jokowi di masyarakat.

“Saya melihat hasil survei selama beberapa bulan ini, menunjukkan Pak Jokowi cukup stabil dengan overrating di angka 75-78%. Katakanlah 75-78%, Prabowo – Gibran 38%. Berarti ada missed sebesar 40%. Larinya kemana yang 40 persen? Nah, itulah opportunity kami,” tegas Andi.

Menurut Andi, nama Ganjar telah unggul, jauh sebelum paslon lain mendeklarasikan diri.

“Kalau Mas Ganjar kami menghitung popularitasnya sebagai mantan Gubernur Jawa Tengah dengan baseline 25%. Kemudian, Mas Ganjar didukung empat partai sehingga baseline Mas Ganjar yang sebelumnya 25% naik menjadi 35%. Nah, sekarang bisa ditambah lagi dengan peluang 40% suara,” kata dia.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Isu Ekonomi Terdesak Sensasi Politik

JAKARTA-Peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Muhammad Dahlan meminta Presiden Joko

Kompetisi di Industri Telko Nyaris Brutal, EXCL Apresiasi Konsolidasi Tri dan ISAT

JAKARTA-President Director & CEO PT XL Axiata Tbk (EXCL), Dian