UU PPP Beri Akses Modal Petani

Tuesday 9 Jul 2013, 9 : 57 pm
republika.co.id

 JAKARTA-DPR akhirnya mengesahkan RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani menjadi Undang-Undang. Perlindungan yang diberikan UU ini memberikan jaminan akses modal bagi para petani yang ingin mengembangkan usahanya. “RUU ini menugaskan Perbankan untuk menyediakan unit khusus bagi para petani untuk mendapatkan modal, dengan prosedur mudah dan lunak,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron (F-PD) di Jakarta, Selasa (9/7).

Lebih jauh kata Herman, bukan hanya pemerintah. Namun pihak swasta juga dapat memberikan bantuan modal untuk para petani, dengan persyaratan sederhana dan prosedur tetap. “Lembaga pembiayaan dituntut agar mampu memfasilitasi para petani dalam memperoleh kredit dan fasilitas pembiayaan,” tambahnya.

Menurut Herman, UU ini juga memberikan perlindungan asuransi pertanian bagi para petani sehingga dapat melindungi hasil pertanian yang gagal panen, dan resiko lainnya. “Ini memberikan jaminan luasan lahan pertanian alih fungsi lahan pertanian yang terlantar, memberikan kemudahan dan memperoleh tanah negara,” imbuhnya. **can

Baca juga :  Pemerintah Usul Pemilu 2024 Digelar 15 Mei

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Batavia Prosperindo Internasional Tebar Dividen Interim Rp48 per Saham

JAKARTA-PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk (BPII) akan membagikan dividen interim

DANA Terus Dorong Digitalisasi Perekonomian Daerah

PONTIANAK-Dompet digital DANA menegaskan komitmennya dalam mendorong pengembangan potensi perekonomian