WALHI Desak Gubernur Viktor Laiskodat Cabut Permanen Ijin Tambang di NTT

Friday 14 Dec 2018, 11 : 11 am
by
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat

Namun ternyata, semua pernyataan tersebut tak lebih sebagai lips service semata. Sebab, Pergub ini justru hanya berkutat pada evaluasi administrasi teknis dan financial yang, ujungnya hanya akan bermuara pada aspek tatakelola semata seperti clean and clear dan kewajiban keuangan perusahaan.

Parahnya lagi, Pergub yang ditandatangani Viktor Laiskodat ini hanya berlaku satu tahun (Diktum Ketujuh), dan hanya menghentikan sementara pemberian izin usaha pertambangan mineral dan batubara di ProvinsiNTT (Diktuk Kesatu).

Artinya yang dimoratorium itu hanya sebatas penghentian kegiatan pertambangan yang ada dan izin tambang baru sembari melakukan evaluasi izin tambang eksisting yang semuanya berpotensi tetap beroperasi selama dinyatakan layak secara administratif.

Direktur JPIC OFM Indonesia, Alsis Goa, OFM menilai seluruh isi dari Pergub ini tidak ada satu diktum pun yang mencerminkan keseriusan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yoseph Nae Soi untuk menghentikan pertambangan di NTT sebagaimana digembar-gemborkan pada saat kampanye dan pidato perdana waktu pelantikan.

Mestinya tegasnya, moratorium tambang di NTT harus berbasis pada fakta empiris, soal sumber penghidupan mayoritas masyarakat yang bergantung pada sektor pertanian dan peternakan.

Apalagi, kehadiran tambang di NTT sudah menimbulkan kerusakan yang amat parah-tak terpulihkan. Contohnya, seperti yang terjadi di Serise, Tumbak, Satarteu, Lengkololok di Manggarai Timur; Robek, Maki, dan Timbang di Manggarai; Desa Ekin, Kecamatan Lamaknen Selatan di Belu; Oenbit dan Biboki di Timor Tengah Utara, Supul dan Mollo di Timor Tengah Selatan; dan Wanggameti di Sumba Timur; Prai Karoku Jangga di Sumba Tengah.

“Kehadiran tambang di wilayah-wilayah ini sudah dan sedang merampas tanah-tanah warga, merusak dan mencemari sumber air, merusak hutan dan situs-situs adat, mencemari laut, konflik sosial, intimidasi dan kriminalisasi yang berujung di penjara,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi Hidupkan Dwi Fungsi TNI, Setara Institute: Mengkhianati Amanat Reformasi

Terlebih mengikuti kecenderungan yang selama ini terjadi pada periode Presiden
Puteri Aneta Komarudin/FotoL fraksigokar.or.id

Puteri Komarudin Sampaikan Pentingnya Peningkatan Literasi Keuangan

JAKARTA-Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin menyampaikan pentingnya peningkatan