Wapres Minta K/L Prioritaskan Penciptaan Lapangan Kerja

Kamis 19 Sep 2013, 11 : 23 am
by
Wapres, Boediono

JAKARTA-Krisis ekonomi global belakangan ini menimbulkan  gejolak di pasar keuangan global yang juga berdampak ke Indonesia. Walhasil, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pun melambat dari semula 6,4% menjadi sekitar 6%. Untuk mengantisipasi perlambatan pertumbuhan ini, Wakil Presiden (Wapres) Boediono kembali menginstruksikan kepada para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II untuk mengutamakan berbagai kegiatan yang dapat memperluas dan menciptakan kesempatan kerja.  “Ini juga termasuk pada peningkatan ketrampilan dan kualitasnya,” tutur Wapres seperti dilansir www.wapresri.go.id di Jakarta, Kamis (19/9).

Menurut Wapres, penciptaan lapangan kerja  harus menjadi prioritas kabinet. Dan faktor terbesar penciptaan lapangan kerja adalah pertumbuhan ekonomi. Ketika pertumbuhan ekonomi sekarang melambat, penciptaan lapangan kerja baru agak kendor. “Untuk mengatasinya, kita harus mengarahkan pertumbuhan ekonomi yang lebih pelan itu ke sektor yang banyak menciptakan lapangan kerja. MIsalnya, padat karya,” tegas Wapres.

Langkah lain yang tak kalah penting adalah dengan memperbaiki efisiensi pasar tenaga kerja. Sebab pasar tenaga kerja saat masih belum ideal. “Apa yang diperlukan tidak klop dengan ketersediaan tenaga. Ada mismatch antara permintaan dan pasokan,” tutur Wapres.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI 7-Day Reverse Repo Rate Turun 25 bps

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 19-20 Februari

CIMB Niaga Gandeng Pelindo III Beri Layanan BizCard dan e-Tax Payment

SEMARANG-PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) kembali mengembangkan layanan