Wapres Minta K/L Prioritaskan Penciptaan Lapangan Kerja

Thursday 19 Sep 2013, 11 : 23 am
by
Wapres, Boediono

JAKARTA-Krisis ekonomi global belakangan ini menimbulkan  gejolak di pasar keuangan global yang juga berdampak ke Indonesia. Walhasil, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pun melambat dari semula 6,4% menjadi sekitar 6%. Untuk mengantisipasi perlambatan pertumbuhan ini, Wakil Presiden (Wapres) Boediono kembali menginstruksikan kepada para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II untuk mengutamakan berbagai kegiatan yang dapat memperluas dan menciptakan kesempatan kerja.  “Ini juga termasuk pada peningkatan ketrampilan dan kualitasnya,” tutur Wapres seperti dilansir www.wapresri.go.id di Jakarta, Kamis (19/9).

Menurut Wapres, penciptaan lapangan kerja  harus menjadi prioritas kabinet. Dan faktor terbesar penciptaan lapangan kerja adalah pertumbuhan ekonomi. Ketika pertumbuhan ekonomi sekarang melambat, penciptaan lapangan kerja baru agak kendor. “Untuk mengatasinya, kita harus mengarahkan pertumbuhan ekonomi yang lebih pelan itu ke sektor yang banyak menciptakan lapangan kerja. MIsalnya, padat karya,” tegas Wapres.

Baca juga :  Bunuh 31 Pekerja, DPD Minta Stop "Kontraktor Titipan" Garap Proyek Papua

Langkah lain yang tak kalah penting adalah dengan memperbaiki efisiensi pasar tenaga kerja. Sebab pasar tenaga kerja saat masih belum ideal. “Apa yang diperlukan tidak klop dengan ketersediaan tenaga. Ada mismatch antara permintaan dan pasokan,” tutur Wapres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Danpaspampres Bantah Salahi Prosedur Pengamanan di Hong Kong

HONG KONG-Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Brigjen TNI (Mar) Suhartono membantah informasi

Pembangunan Ketahanan Air Bersih Telan Biaya Rp100 Triliun

JAKARTA-Pemerintah berencana menginvestasikan anggaran senilai Rp100 triliun untuk pembangunan infrastruktur