Zulhas: Kebutuhan Sandang Jelang Lebaran Lengkap, Harga Ekonomis

Monday 18 Mar 2024, 2 : 48 pm
by
Mendag Zulhas
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau pusat perbelanjaan ITC Mangga Dua, Jakarta, Minggu (17/03)

JAKARTA-Selain terus memantau barang kebutuhan pokok (bapok) di pasar rakyat, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Kebutuhan sandang dan pangan sangat cukup untuk menyambut Lebaran tahun ini.

Masyarakat dapat berbelanja dengan harga lebih ekonomis dan terjangkau sehingga dapat menyambut Lebaran dengan baik, aman, lancar, dan bahagia.

Hal ini disampaikan Mentri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan usai meninjau Pusat Perbelanjaan ITC Mangga Dua di Jakarta Utara, Jakarta, pada Minggu, (17/3).

“Jadi, kalau hari kerja, kita ke pasar rakyat memperhatikan harga cabai, beras, ayam, telur dan lain- lain. Waktu hari libur, kami ke pusat perbelanjaan (grosir) karena Lebaran bagaimanapun terkait ketersediaan sandang dan pangan. Jadi, ada pangan. Namun, juga perlu pakaian dan di sini juga ramai serta harganya ekonomis. Mudah-mudahan Lebaran kali ini bisa berlangsung dengan baik, aman, lancar, dan masyarakatnya bahagia karena barang kebutuhannya ada, yaitu pangan dan sandang lengkap,” jelasnya.

Terkait kebutuhan pokok seperti cabai, dia menjelaskan, cabai merupakan tanaman yang sangat bergantung pada cuaca.

Untuk itu, pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait harus bisa mengembangkan sistem pertanian yang dapat terus beradaptasi dalam berbagai kondisi cuaca.

“Cabai sangat bergantung pada musim atau cuaca. Kalau hujan terus-menerus dan lebat, panennya gagal. Kalau panennya gagal, suplainya sedikit, permintaan banyak, harga naik. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian dan lainnya harus mengembangkan sistem pertanian, terutama cabai yang tidak begitu terpengaruh dengan cuaca,” jelasnya.

Sementara untuk beras, dia kembali menyebut, pemerintah melalui Bulog telah menyediakan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan harga Rp10.900/kg dan beras premium dengan harga Rp14.000/kg.

Selain itu, pemerintah menjamin ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, untuk harga telur dan ayam sudah mulai turun.

“Kalau yang disediakan pemerintah yaitu beras Bulog dengan kualitas bagus dan dijamin harganya tidak naik serta persediaannya lebih dari cukup. Selain itu, yang mau ber-Lebaran mau pakai baju, mukena, sarung baru, semua tersedia dan harganya ekonomis,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kawal Keterbukaan Informasi di Desa, Kemendes Gandeng KIP

JAKARTA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Marwan

Hadapi Covid-19, Masyarakat Jabodetabek Bakal Dapat 200.000 Paket Sembako

BOGOR–Masyarakat wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bakal