Ganjar-Anies Mungkinkah Bersatu?

Jumat 19 Jan 2024, 11 : 07 pm
karikatur jpnn

Prabowo Subianto saat itu masih menggunakan Anies dan kelompok radikal yang mengelilinginya sebagai pasukan tempur politiknya yang dipersiapkannya untuk menang di Pilpres 2019.

Namun sekarang situasinya berbeda, Anies tak lagi berada dalam kendali Prabowo melainkan Surya Paloh yang relatif lebih dominan nasionalismenya.

Meski demikian karakter Islam Politik seperti yang biasa diperankan oleh Anies, masih susah diterimah oleh Manusia Indonesia saat ini, kecuali Anies siap kompromis 100 % dengan mengaburkan idealisme politik keislamannya.

Anies saat ini bisa muncul jadi Capres itu selain faktor takdir dan keberuntungan, juga nampaknya sengaja dimunculkan oleh kekuatan Oligarki yang sebelumnya bersekutu dengan Jokowi dan Prabowo, agar kebencian Jokowi dan Prabowo pada Anies tidak terlalu nampak secara kasat mata.

Bayangkan, andaikata Anies batal ikut nyalon Presiden di Pilpres 2024 ini, pastinya para pendukungnya akan ramai-ramai memprotes Pemerintahan Jokowi dan akan membuat gaduh dimana-mana yang bisa mengancam stabilitas keamanan negara, khususnya sangat mengancam singgasana kekuasaan Dinasti Politik Jokowi.

Karena itulah, dengan keterpaksaannya, Presiden Jokowi memberikan jalan bagi Anies untuk nyalon Presiden.

Tentu dengan berbagai perhitungan dan langkah-langkah antisipatifnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pelanggan: Stimulus Keringanan Tagihan Listrik Bantu Kami di Tengah Pandemi

JAKARTA-Untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu dan rentan serta kelompok

Butuh SDM Handal Guna Kelola Blok Masela

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar diklat teknis