5 SP jadi Korban UU Omnibus Law dan UU Cipta Kerja, PP F Mitakikef Sarbumusi Perkuat Basis

Tuesday 26 Mar 2024, 7 : 38 pm
Para pengurus PP F-Mitakikef Sarbumusi

LUMAJANG – Pimpinan Pusat Federasi Migas Pertambangan Kimia Kesehatan dan Farmasi  (PP F- Mitakikef) Sarikat Buruh Muslimin Indonesia ( Sarbumusi) melakukan penguatan basis dengan mencanangkan sejumlah program di tahun 2024 ini.

Salah satunya, road show atau kunjungan ke sejumlah basis dan pembentukan pimpinan cabang F-Mitakikef Sarbumusi se-Indonesia. Organisasi ini menjadi sarana komunikasi serikat pekerja berskala nasional ini mempunyai kepengurusan dari pusat hingga ke daerah dan cabangnya hingga Merauke.

Ketua Umum PP F- Mitakikef Sarbumusi, Nofel, dalam rilis yang diterima beritamoneter, Selasa (26/3/2024) mengatakan, pada 4-8 Maret 2024 lalu, mereka berkunjung ke Riau untuk pengembangan dan penguatan basis seluas mungkin di Riau.

Nofel didampingi perwakilan PP F-Mitakikef Ketua Umum PP F-Mitakikef Sarbumusi, Wakil Ketua Amris Pohan dan Sekretaris Umum PP F-Mitakikef Sarbumusi Leriche Venisha  bersama perwakilan pengurus federasi mitakikef Riau dan basis Federasi Mitakikef, dari kabupaten Siak, Meranti,Kota Pekanbaru , PP F-Mitakikef.

“Sebab Efek dari UU Omnibus Law dan UU Cipta Kerja, banyak pekerja di-PHK (pemutusan hubungan kerja) dan mengakibatkan kami kehilangan basis 5 serikat pekerja, dan kasus ini sampai detik ini,” ungkap Nofel.

Kemudian, PP Federasi Mitakikef akan melakukan verifikasi anggota sesuai ketentuan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan mempercepat serta merealisasikan kebijakan Presiden DPP Konfederasi Sarbumusi Irham Ali Saifuddin.

Sekretaris Umum PP Federasi Mitakikef Sarbumusi Leriche Venisha mengatakan, kunjungan ke basis itu juga menjadi momentum untuk melakukan pengesahan pembentukan pimpinan cabang di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Siak.

“Ini adalah angin segar untuk PP Federasi Mitakikef Sarbumusi mempermudah dan memperluas basis serta menjadi wadah serikat pekerja/buruh di Riau dengan adanya Pimpinan Cabang Federasi Mitakikef,” ucap Venisha.

PP Mitakikef Sarbumusi juga bersilaturahim dengan Serikat Pekerja Pertamina Hulu Rokan (PHR) Sarbumusi bersama Ketua PHR M Iwan.

Kedua pihak membahas program dan pelatihan yang bisa dikembangkan dengan skala nasional dan internasional.

“Kami sebagai komponen bagian dari Konfederasi Sarbumusi memerlukan percepatan realisasi program kerja dan garis kebijakan organisasi dalam merealisasikan amanat konstitusi UU 21/2000, PD PRT Konfederasi Sarbumusi, Kebijakan Presiden DPP K-Sarbumusi serta Garis Perjuangan Nahdlatul Ulama,” jelas Venisha.

Venisha berharap, agenda berkunjung ke basis bisa terealisasikan ke semua titik se-Indonesia, sehingga Federasi Mitakikef bisa menjaga kekompakan dan bersilaturahim antara basis dengan pimpinan pusat. (Fendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Puan Maharani Nahkoda Hebat

Oleh: Emrus Sihombing Pada hakekatnya perempuan itu hebat, luar biasa,

Laporan KP3I, MKD DPR Siap Verifikasi Dugaan Pelanggaran Prosedur Seleksi Anggota BPK

JAKARTA-Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR mengaku segera menindaklanjuti laporan Komisi