Cost Politik Capai Sekitar Rp350 Triliun

Wednesday 16 Apr 2014, 8 : 39 pm
www.daridulu.com/ bambang tri

JAKARTA-Budayawan Radhar Panca Dahana menyesalkan pemilu yang dilaksanakan selama ini telah dikhianati oleh partai politik yang menelan biaya mencapai Rp 350 triliun. “Pemilu berbiaya tinggi dengan uang rakyat sampai Rp 330 triliun itu jelas menghancurkan dan mendistorsi kekuatan kultural bangsa ini,” katanya dalam diskusi dialog kenegaraan “Gegap-Gempita Pesta Demokrasi – Catatan Kritis Pemilu 9 April 2014” di Gedung DPD Jakarta, Rabu (16/4).

Belum lagi biaya iklan, kata Dosen FISIP UI ini, lalu ditambah lagi survei, partai, dan tim sukses lainnya. “Jumlah itu bisa untuk memberi beasiswa seluruh mahasiswa Indonesia selama 40 tahun, dan akan melahirkan manusia-manusia unggul ke depan,” katanya.

Padahal, kata dia,  apabila dikalkulasi uang sebesar itu bisa digunakan untuk membangun jalan tol dari Aceh hingga ke Lampung di Pulau Sumatera, juga pembangunan rel ganda se Pulau Kalimantan dan se Pulau Sulawesi. “Dan, itu bisa menggratiskan biaya kuliah mahasiswa gratis di seluruh perguruan tinggi di Indonesia selama 40 tahun,” bebernya.

Baca juga :  Mendagri Keluarkan Instruksi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan

Sebagai solusinya, Radhar menjelaskan sebenarnya penyelenggaraan pemilu yang menelan biaya besar itu bisa memberi kemanfaatan bagi rakyat banyak apabila rakyat melakukan upaya kekuatan sendiri melawan oligarki parpol seperti yang dilakukan rakyat di Venezuela .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

JAKARTA– Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali

Istri Yang Bakar Suami di Tangsel Diduga Depresi

TANGERANG-Motif dibalik aksi keji istri bakar suami hingga sekarat di