Masyarakat Rembang Tolak Pendirian Pabrik Semen

Selasa 17 Jun 2014, 12 : 55 pm
by

REMBANG-Aliansi Warga Rembang Peduli Pegunungan Kendeng “Tolak Penambangan dan Pendirian Pabrik Semen di Rembang” akan menduduki rencana lokasi tapak pabrik dikarenakan tidak ada itikad baik dari Semen Indonesia dalam seluruh rencana proses penambangan dan pendirian pabrik di Rembang.

Aksi ini menjadi pilihan terakhir setelah warga tidak pernah diberi kesempatan untuk menyuarakan berbagai pelanggaran yang telah dilakukan selama persiapan proyek pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang ini. Warga tidak pernah tahu informasi yang jelas mengenai rencana pendirian pabrik semen. “Tidak pernah ada sosialisasi yang melibatkan warga desa secara umum, yang ada hanya perangkat desa dan tidak pernah disampaikan kepada warga,” ujar Knowledge and Media Manager Epistema Institute Luluk Uliyah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (17/6).

Menurutnya, dokumen AMDAL tidak pernah disampaikan terhadap warga. Bahkan tidak pernah ada penjelasan mengenai dampak-dampak negatif akibat penambangan dan pendirian pabrik semen. Intimidasi sering terjadi seiring gerakan warga yang ingin memperjuangkan haknya untuk memperoleh informasi yang jelas dan memperoleh lingkungan hidup yang sehat.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden: Sinergi Pusat dan Daerah, Kunci Menangkan Persaingan

JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengatakan kompetisi di era globalisasi sangat

Rano: Masih Ada Wilayah Blank Spot di Banten

BANTEN-Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno menyebutkan beberapa wilayah di Banten