Jokowi: Terlalu Banyak Fasilitas Pemerintah Justru Melemahkan Entrepreneurship

Tuesday 18 Jun 2019, 8 : 12 pm
by
Presiden Jokowi menerima pengurus sejumlah asosiasi pengusaha UMKM di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo meminta masukan-masukan dari sejumlah Asosiasi Pengusaha Mikro dan Kecil dalam rangka mendesain kebijakan utamanya yang berkaitan dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang jumlahnya terakhir 62,9 juta unit usaha di Indonesia.

Keinginan itu disampaikan Presiden Jokowi saat menerima jajaran pengurus Himpunan Pengusaha Mikro Indonesia (HIPMIKINDO), Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI), dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO), di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/6).

“Saya kira kita memiliki kesempatan yang masih sangat longgar sekali di negara kita Indonesia untuk mengembangkan usaha-usaha yang ada dan ruang seperti itu marilah kita gunakan sebaik-baiknya, baik di usaha jasa, usaha perdagangan atau industri kecil, industri menengah yang saya sendiri mengalaminya betul-betul mulai dari nol,” kata Presiden.

Baca juga :  Kemenkes Bayar Tunggakan Insentif Relawan RSDC Wisma Atlet Rp Rp11,8 Miliar

Presiden meminta agar disampaikan apakah masih diperlukan fasilitas-fasilitas dari pemerintah. Tetapi Kepala Negara mengingatkan hati-hati karena fasilitas-fasilitas yang terlalu banyak itu kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship. Sehingga juga fasilitas perlu tetapi juga jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Program Sejuta Rumah Terkendala Modal

JAKARTA-Upaya mewujudkan program pembangunan sejuta rumah untuk rakyat tidak mudah.

Pertamina Terus Kembangkan Infrastruktur BBM

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk terus menambah fasilitas pendistribusian BBM