Aliansi Gerak Tutup TPL Kecam Polisi Atas Penculikan Masyarakat Adat

Monday 25 Mar 2024, 11 : 01 pm
by
Ratusan Aksi Massa Aliansi Gerakan Masyarakat Lakukan Gelar Demo Didepan Mapolda Sumut Desak Bebaskan Sorbatua Siallagan

Semestinya, kehadiran investasi seharusnya memberi dampak positif.

Namun kenyataannya perusahaan PT Toba Pulp Lestari (TPL) justru merampas ruang hidup orang Batak dan tidak memperhatikan dampak lingkungan dan sosial.

Kasus yang terjadi di Huta Dolok Parmonangan, Nagori Pondok Buluh, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara menjadi gambaran nyata betapa masyarakat adat seperti Sorbatua Siallagan berjuang untuk mempertahankan tanah adatnya namun justru dihadapkan pada penculikan dan kriminalisasi oleh pihak kepolisian atas suruhan dari PT Toba Pulp Lestari (TPL).

Kejadian ini seharusnya menjadi peringatan bagi pemerintah untuk lebih melindungi hak-hak masyarakat adat dan segera menerbitkan Undang-Undang Tentang Masyarakat Adat yang mengakui dan melindungi hak-hak Masyarakat Adat di seluruh Nusantara.

Faktanya dengan ketiadaan Undang-Undang Tentang Masyarakat Adat telah menimbulkan ketidakpastian hukum bagi Masyarakat Adat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MPR: Kasus DPT Bukan Barang Baru

JAKARTA-Kisruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan bukan barang baru. Karena
PT Samudera Indonesia Tbk

Graha Mitra Asia Tebar Dividen Rp1,145 Miliar

JAKARTA – Dividen PT Graha Mitra Asia Tbk (RELF) untuk