BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 5,75%

Friday 25 Aug 2023, 8 : 23 am
by
Ilustrasi Bank Indonesia

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memutuskan kembali mempertahankan  suku bunga acuan.

Keputusan tidak menaikan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) tetap sebesar 5,75% itu telah disepakati dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 23-24 Agustus 2023. Ini sudah sesuai dengan ekspektasi para pelaku pasar.

RDG BI juga sepakat untuk mempertahankan besaran suku bunga Deposit Facility tetap pada level 5,00%.

Demikian pula dengan suku bunga Lending Facility masih sama di angka 6,50%.

“Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 23 dan 24 Agustus 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75%.  Suku bunga Deposit Facility juga tetap  sebesar 5,%. Demikian pula juga dengan suku bunga Lending Facility tetap sebesar 6%,” jelas Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI), dalam keterangan pers, di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Menurut Perry, keputusan ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi inti tetap terkendali dalam kisaran 3,0±1% di sisa tahun 2023 dan 2,5%, 0±1% pada 2024.

Fokus kebijakan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah untuk memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global.

“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi domestik, kebijakan makroprudensial longgar terus diarahkan untuk memperkuat efektifitas pemberian insentif likuiditas kepada perbankan, guna mendorong kredit pembiayaan dengan fokus hilirisasi, perumahan, parawisata, dan pembiayaan inklusif dan hijau,” jelas Perry. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KemenKopUKM Bantah Larang Warung Madura Beroperasi 24 Jam

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) membantah telah melarang

Soal Pinjaman Dari China, Indonesia Butuh Dolar Bukan Yuan

JAKARTA-Gara-gara pinjaman dari China sekitar Rp42 triliun untuk tiga bank