BI Tandatangani Kerjasama BCSA dengan Bank of Korea

Thursday 6 Mar 2014, 5 : 31 pm
by

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI) , Agus D.W. Martowardojo dan Gubernur Bank of Korea, Choongsoo Kim, menandatangani perjanjian kerjasama Bilateral Currency Swap Arrangement (BCSA) di Jakarta. Perjanjian ini memungkinkan swap mata uang lokal antara kedua bank sentral senilai KRW10,7 triliun atau Rp115 triliun (ekuivalen USD10 miliar). “Perjanjian ini merupakan bentuk komitmen antar kedua bank sentral untuk mendukung stabilitas makroekonomi dan keuangan regional dalam menghadapi ketidakpastian global yang masih tinggi,” ujar Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, Kamis (6/3).

Agus Marto menambahkan, perjanjian kali merupakan tindak lanjut dari kesepakatan pada 13 Oktober 2013. “Kami di Washington pada saat itu sepakat untuk mempunyai bilateral currency swap arrangement. Dan, sekarang ini dokumennya sudah selesai dan ditandatangani,” tutur Agus Marto.

Dia menyebutkan, kerjasama swap ini diharapkan mampu untuk mengurangi tekanan terhadap permintaan dolar AS. “Sekarang ini, kalau ada yang impor barang dari indonesia atau kita mempunyai tagihan dalam won, maka bisa gunakan dua currency ini,” ujarny

Perjanjian ini berlaku efektif selama tiga tahun dan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua belah pihak. BCSA bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan memperkuat kerjasama keuangan yang bermanfaat bagi pengembangan ekonomi kedua negara. Secara khusus, perjanjian ini juga akan menjamin penyelesaian transaksi perdagangan dalam mata uang lokal antara kedua negara sekalipun dalam kondisi krisis guna mendukung stabilitas keuangan regional.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Golkar Solid Dukung Kepemimpinan Setya Novanto

JAKARTA-Partai Golkar solid mendukung kepemimpinan Ketua Umum Setya Novanto demi

Satukan Manajemen, Pelindo I Benahi Tata Layanan TPK Belawan

MEDAN-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melakukan penataan