BI Tandatangani Kerjasama BCSA dengan Bank of Korea

Thursday 6 Mar 2014, 5 : 31 pm
by

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI) , Agus D.W. Martowardojo dan Gubernur Bank of Korea, Choongsoo Kim, menandatangani perjanjian kerjasama Bilateral Currency Swap Arrangement (BCSA) di Jakarta. Perjanjian ini memungkinkan swap mata uang lokal antara kedua bank sentral senilai KRW10,7 triliun atau Rp115 triliun (ekuivalen USD10 miliar). “Perjanjian ini merupakan bentuk komitmen antar kedua bank sentral untuk mendukung stabilitas makroekonomi dan keuangan regional dalam menghadapi ketidakpastian global yang masih tinggi,” ujar Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, Kamis (6/3).

Agus Marto menambahkan, perjanjian kali merupakan tindak lanjut dari kesepakatan pada 13 Oktober 2013. “Kami di Washington pada saat itu sepakat untuk mempunyai bilateral currency swap arrangement. Dan, sekarang ini dokumennya sudah selesai dan ditandatangani,” tutur Agus Marto.

Baca juga :  Tumbuh 25% di Semester I 2023, Bank OCBC NISP Cetak Laba Bersih Rp2,1 Triliun

Dia menyebutkan, kerjasama swap ini diharapkan mampu untuk mengurangi tekanan terhadap permintaan dolar AS. “Sekarang ini, kalau ada yang impor barang dari indonesia atau kita mempunyai tagihan dalam won, maka bisa gunakan dua currency ini,” ujarny

Perjanjian ini berlaku efektif selama tiga tahun dan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua belah pihak. BCSA bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan memperkuat kerjasama keuangan yang bermanfaat bagi pengembangan ekonomi kedua negara. Secara khusus, perjanjian ini juga akan menjamin penyelesaian transaksi perdagangan dalam mata uang lokal antara kedua negara sekalipun dalam kondisi krisis guna mendukung stabilitas keuangan regional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pendapatan di 2023 Turun, DMAS Bukukan Laba Bersih Rp 1,21 Triliun

JAKARTA – PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) sepanjang 2023, mencatatkan

Kasikornbank Bakal Kuasai Saham BMAS Hingga 67,5%

JAKARTA-Anak usaha Kasikornbank Public Company Limited (KBank), yakni Kasikorn Vision