Buka Sidang AIPA, Puan Ajak Negara ASEAN Perkecil Perbedaan

Monday 7 Aug 2023, 2 : 10 pm
by
Sidang Umum ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44 yang digelar di Jakarta telah resmi dibuka oleh Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA ke-44 Puan Maharani

Seperti dalam pelibatan parlemen dalam berbagai isu internasional menjadi penting, karena berdampak langsung bagi rakyat yang merupakan pemilih anggota parlemen.

“Aspirasi rakyat adalah tentang pemenuhan hidup yang aman, tentram, sejahtera, sehat, berkeadaban, dan bersahabat. Hal itu menjadi komitmen AIPA, dalam ikut menciptakan perdamaian dan kesejahtetaan di Asia Tenggara,” terang Puan.

“AIPA harus dapat menemukan titik temu komitmen bersama, di tengah perbedaan antar negara AIPA,” lanjutnya.

Puan menambahkan, dinamika perkembangan geopolitik di masa depan akan semakin kompleks dan menimbulkan berbagai keadaan normal baru (new normal).

Untuk menghadapi hal ini, ia mengajak negara-negara ASEAN untuk lebih solid.

“Untuk mencari persamaan di antara negara-negara ASEAN, dan berupaya memperkecil perbedaan,” tegas Puan.

“”Marilah kita bekerja bersama menjaga Asia Tenggara yang kondusif untuk mewujudkan kehidupan masyarakatnya yang tenteram, maju, dan sejahtera. ASEAN kuat, karena bersatu. ASEAN bersatu, karena kuat. One ASEAN family, together we are one,” imbuh cucu Bung Karno tersebut.

Dalam Sidang Umum AIPA Ke-44 ini akan dibahas sejumlah isu strategis bersama Komisi Politik, Komisi Ekonomi, Komisi Sosial, Komisi Organisasi, Komisi Perempuan, serta Komisi Pemuda.

Sejumlah isu yang dibahas seperti penyelesaian situasi di Myanmar, di mana AIPA mendorong implementasi 5 konsesus ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pasal Penodaan Agama Pernah Digugat 3 Kali ke MK

JAKARTA-Masyarakat yang tidak puas terhadap  pasal 156a KUHP bisa melakukan

BUMN-Swasta Bermasalah, Bisnis Konstruksi Dinilai Mulai Suram

JAKARTA-Masa depan bisnis konstruksi di Indonesia dinilai suram. Pelaku usaha