Catatan Akhir Tahun KOPITU, Butuh Reformasi Tata Kelola UMKM Indonesia Agar Bisa Bersaing

Tuesday 12 Dec 2023, 4 : 05 pm
by
Ketua Umum KOPITU, Yoyok Pitoyo

Jepang: Warisan dan Keterampilan, UMKM Jepang sering kali berfokus pada produksi dengan kualitas tinggi dan mewarisi keterampilan tradisional.

Tantangan Generasional, beberapa UMKM Jepang menghadapi tantangan dalam menarik generasi muda untuk meneruskan bisnis keluarga.

Vietnam: Pertumbuhan Cepat, UMKM Vietnam telah mengalami pertumbuhan yang pesat, didukung oleh stabilitas ekonomi yang relatif.

Ekspansi Internasional, beberapa UMKM Vietnam mulai memperluas pasar ke luar negeri

Thailand: Kemitraan dengan Pemerintah, UMKM Thailand mendapat dukungan kuat dari pemerintah dalam bentuk pelatihan, pembiayaan, dan akses pasar. Inovasi Produk, Banyak UMKM Thailand yang fokus pada inovasi produk untuk menarik pasar lokal dan global.

Malaysia: Diversifikasi, UMKM Malaysia beragam, mulai dari sektor agrikultur hingga teknologi. Penguatan Keunggulan, Fokus pada penguatan keunggulan kompetitif dalam sektor tertentu. Dan  Singapura: Kualitas dan Kreativitas,UMKM Singapura menonjol dalam kualitas dan kreativitas produknya. Akses ke Sumber Daya, Kemudahan akses ke sumber daya seperti teknologi dan keuangan mendukung pertumbuhan UMKM.

Kelemahan dan Tantangan

Sebagai catatan akhir tahun Yoyok Pitoyo menggaribawahi beberapa kelemahan dan tantangan UMKM di Indonesia saat ini.

Pertama, akses Pembiayaan, Salah satu tantangan utama UMKM Indonesia adalah akses terhadap pembiayaan yang memadai untuk pertumbuhan dan pengembangan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Parwati Surjaudaja Terpilih CEO Terbaik 2015

JAKARTA-Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja meraih penghargaan sebagai

3 Partai Pendukung Prabowo-Hatta Siap Merapat ke Jokowi

JAKARTA- Nasib koalisi Merah Putih di parlemen yang digagas oleh