CERI: Firli Berpotensi Dilaporkan ke Polri, Diduga Sebar Hoax Kerugian Impor LNG CCL Rp 2,1 Triliun

Thursday 2 Nov 2023, 9 : 41 pm
by
Direktur Eksekutif Yusri Usman

MEDAN-Ketua Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) Firli Bahuri berpotensi dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penyebaran informasi hoaks terkait kerugian impor LNG CCL sebesar Rp 2,1 triliun.

Ancaman pelaporan itu sangat mungkin terjadi apabila dikaitkan dengan fakta persidangan gugatan Praperadilan oleh mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan terhadap KPK di PN Jakarta Selatan mulai 25 Oktober hingga 31/10/2023.

Diketahui, dalam praperadilan itu sejumlah saksi mata seperti Aris Mulya Azof (SVP Downstream, Power, Gas & NRE. PT Pertamina (Persero)) telah mengatakan hingga saat ini Pertamina malah menerima keuntungan pasti dan nyata dari kontrak LNG dengan Corpus Christy Liquefaction (CCL) hingga akhir September 2023 sebesar USD 89.542.196 juta atau setara Rp 1,405 triliun, dan potensi profit hingga akhir tahun 2030 sebesar USD 218.670.596 atau setara Rp 3,445 triliun. (Nilai tukar : 1 USD = Rp 15,750).

“Saksi Ahli BPK, Inne Anggraini juga mengatakan kerugian masih bersifat indikasi, padahal KPK sudah melakukan permintaan perhitungan soal kerugian negara kepada BPK-RI sejak Febuari 2023, dan penetapan tersangka Karen Agustiawan sejak Juni 2022,” ujar Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).

Yusri kemudian membeberkan keterangan saksi-saksi lainnya. Yakni Saksi Ahli Hukum Perdata dari Universitas Trisakti, Dr. Subani, S.H. M.H yang menegaskan bahwa perjanjian jual beli LNG tahun 2013 & 2014 era Karen Agustiawan telah gugur setelah diubah secara keseluruhan isi perjanjian pada 20 Maret 2015 di era Dirut Pertamina, Dwi Sucipto.

Sementara Saksi Ahli Hukum Pidana dari UI, Dr. Chudri Sitompul, S.H. M.H. menyatakan bahwa penetapan tersangka Karen Agustiawan oleh KPK adalah Error in Persona dan melanggar HAM.

Sedangkan Saksi Ahli Hukum Administrasi yang juga Ketua Program Studi Hukum Administrasi Negara UI (2013-2022), Dr. Dian Puji N Simatupang, S.H., M.H., menyatakan bahwa Perhitungan Kerugian Negara yang disajikan penghitungannya tidak berdasarkan hasil audit BPK, tidak pasti dan tidak nyata.

Maka berdasarkan fakta-fakta persidangan tersebut, lanjut Yusri, pihaknya berkesimpulan lemahnya dasar penetapan status tersangka Karen Agustiawan oleh KPK.

Mengingat Ketua KPK, Firli Bahuri pada konfrensi pers tgl 19 September 2023 di gedung KPK yang diliput media cetak, elektronik dan online telah menyatakan akibat perbuatan Karen Agustiawan sebagai Direktur Utama Pertamina telah merugikan negara sekitar Rp2,1 triliun, sudah menjadi pengetahuan umun.

Faktanya, hingga akhir persidangan persidangan praperadilan di PN Jaksel hingga 31 Oktober 2023, KPK dan BPK – RI tidak mampu membuktikan adanya kerugian negara yang nyata dan pasti.

“Maka, patut diduga bahwa Ketua KPK, Firly Bahury telah menebarkan berita bohong pada keterangannya yang diliput secara luas ada bukti jejak digitalnya bahwa tindakan Karen Agustiawan telah merugikan Pertamina cq Negara sebesar Rp2,1 triliun,” ujar Yusri.

Oleh sebab itu, berdasarkan UU ITE, untuk menjaga harkat dan martabatnya serta keadilan Karen Agustiawan dengan keluarganya, CERI menyarankan keluarga Karen untuk meminta pertanggungjawaban dengan melaporkan Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya atau Bareskrim Polri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Kwartet Kepengurusan IKAL-LEMHANAS Banten Masa Bakti 2023-2028

SERANG-DPD Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) LEMHANNAS Provinsi Banten dilantik di

Menteri Marwan Minta Pembunuh Salim Kancil Dijatuhi Hukuman Setimpal

LUMAJANG-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mendesak