CPA Australia: 84% Usaha Kecil di Indonesia Diperkirakan Akan Berkembang Pada tahun 2023

Tuesday 2 May 2023, 3 : 27 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei usaha kecil asia-pasifik dari CPA Australia mengungkapkan bahwa usaha kecil Indonesia tetap termasuk usaha yang paling positif di seluruh Asia-Pasifik pada tahun 2022.

Survei tersebut meliputi tanggapan dari 4280 pemilik atau manajer usaha kecil di sebelas pasar Asia-Pasifik, termasuk 306 dari Indonesia.

72%  dilaporkan berkembang pada tahun 2022 dan 32 persen mempekerjakan lebih banyak karyawan.

Tahun ini diperkirakan akan menjadi lebih kuat dengan lebih dari empat dalam sepuluh usaha berencana untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan.

Dr. Adi budiarso fcpa (aust.), Ketua Komite Penasihat Indonesia dari CPA Australia mengatakan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masih bertahan di tengah ketidakpastian global.

Dr. Budiarso adalah Kepala Pusat Kebijakan sektor keuangan di kementerian keuangan Indonesia.

Meskipun 48 persen usaha kecil Indonesia mengatakan bahwa covid-19 adalah tantangan besar, angka ini turun dari 72 persen pada tahun 2021.

“Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 64 juta UMKM, yang menciptakan banyak lapangan kerja dan berkontribusi terhadap perekonomian. Meskipun pandemi masih membayangi Indonesia, dampaknya sudah makin berkurang. Pencabutan pembatasan perjalanan telah membantu usaha kecil Indonesia, dengan meningkatkan industri pariwisata dan konsumsi rumah tangga,” ungkapnya

67% usaha mengatakan bahwa investasi teknologi yang dilakukan pada tahun lalu telah meningkatkan profitabilitas mereka.

Penggunaan alat online juga lazim dilakukan.

Media sosial digunakan oleh tujuh dari sepuluh usaha untuk mempromosikan usaha mereka dan 61 persen menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

“Program pemulihan ekonomi nasional dan gerakan bangga buatan indonesia dari pemerintah telah berkontribusi terhadap pemanfaatan teknologi di seluruh UMKM Indonesia. Pandemi telah mendorong pelaku usaha untuk menggunakan teknologi dan beradaptasi. Usaha indonesia memiliki fokus yang kuat dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, menjadi makin canggih dalam menggunakan media sosial agar tetap terhubung.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pertemuan RDM 2018, DPD Ajak Investor Bangun Daerah

KUTA-DPD RI menggelar acara Regional Diplomatic Meeting (RDM) di Bali.

Sasar Siswa, BTN Targetkan Rp76 Miliar Dari Tabungan SimPel

BANTEN-Deputy Business Manager PT Bank Tabungan Negara(Persero) Tbk Kantor Cabang