CPA Australia: 84% Usaha Kecil di Indonesia Diperkirakan Akan Berkembang Pada tahun 2023

Tuesday 2 May 2023, 3 : 27 pm
by
Ilustrasi

65% usaha telah menerima lebih dari 10 persen penjualan melalui pembayaran digital.

Ini lebih rendah daripada rata-rata survei sebesar 74 persen.

“Mengingat opsi pembayaran digital terhubung erat dengan perkembangan usaha yang tinggi, kami berharap ada lebih banyak usaha kecil di Indonesia yang akan menawarkan opsi pembayaran seperti itu,” imbuhnya.

Walaupun sebagian besar usaha kecil di Indonesia mengalami perkembangan, banyak yang masih menghadapi kesulitan untuk mengakses keuangan eksternal.

Di antara 73 persen yang mencari pendanaan pada tahun lalu, ada 39 persen yang merasa kesulitan.

Ini lebih tinggi daripada rata-rata survei sebesar 33 persen.

Meskipun demikian, niat untuk mengakses keuangan tetap kuat, dengan 89 persen yang berencana mencari dana eksternal tahun ini.

“Mengakses pembiayaan masih menjadi tantangan bagi banyak usaha di negara berkembang, termasuk indonesia. Pandemi mungkin telah memperburuk kesulitan karena masalah arus kas.

“Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan inklusi keuangan. Misalnya, meningkatkan akses pembiayaan melalui platform digital, mendorong pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembiayaan ultra mikro (umi) serta menawarkan pendampingan. UMKM juga harus berusaha untuk meningkatkan solvabilitasnya karena hal ini dapat memengaruhi skor kredit mereka di masa yang akan datang. Mereka harus mengawasi arus kas dan biaya secara ketat.”

Temuan survei mengungkapkan bahwa banyak usaha kecil di Indonesia telah menggunakan waktu dan sumber daya untuk praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (lst).

24% memantau penggunaan energi dan air mereka dan 23 persen memanfaatkan peluang keuangan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“UMKM adalah kontributor penting untuk mencapai tujuan iklim dan energi bersih Indonesia. Indonesia telah menetapkan kerangka kerja keuangan berkelanjutan yang komprehensif untuk memenuhi tujuan ini, dan umkm harus mempertimbangkan untuk menerapkannya dalam usaha mereka,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DKPP Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras Kepada 3 Penyelenggara Pemilu

JAKARTA-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang kode etik penyelenggara

BI Sempurnakan Ketentuan Laporan Bank Umum Terintegrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menyempurnakan ketentuan Laporan Bank Umum Terintegrasi dengan