Desa Binaan, BSI Dukung Parangbanoa Angkat Potensi Peternakan Sapi Potong 

Saturday 24 Jun 2023, 8 : 08 pm
by
Ki-ka: Direktur Finance & Strategy PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Ade Cahyo Nugroho, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Kamsina, Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukorianto Saputro dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan Iqbal Najamuddin, Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan dan Wakif Lahan Desa BSI Hasan Hasyim.

Di desa binaan ini, BSI bersama BSI Maslahat telah memiliki 50 peternak binaan dengan total hewan ternak sapi potong mencapai 150 ekor.

Klaster peternakan di Parangbanoa terus mengalami progress pertumbuhan positif. Hal tersebut didorong oleh kegiatan pembinaan dan pendampingan yang memasuki tahun ke-2.

Beberapa kegiatan tersebut di antaranya pengadaan sarana dan prasarana, penguatan kapasitas penerima manfaat/kelompok, penguatan keagamaan dan pengembangan jaringan pemasaran.

“Nantinya hewan ternak di Desa BSI ini akan didistribusikan ke daerah-daerah Makassar dan sekitarnya untuk dijual dalam memenuhi kebutuhan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha. Kami telah menyiapkan 150 ekor Sapi  untuk dijual Hari Raya nanti”, ujar Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro.

BSI bersama BSI Maslahat melakukan program kelembagaan guna memperjelas struktur dan alur program dan penyaluran zakat kepada mustahik.

Hingga saat ini, BSI telah memiliki 13 desa binaan di seluruh Indonesia, yang terbagi ke dalam berbagai klaster perternakan, perikanan, pertanian dan perkebunan.

Jangka waktu pendampingan hingga 3 tahun, sampai masing-masing kelompok dapat bekerja secara mandiri dan mampu sustain.

Adapun kriteria pemilihan desa di antaranya fakir miskin, potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia dan potensi sosial kemasyarakatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Jasa Armada Indonesia Tbk dengan PT Pelindo Marine Service Tanda Tangani Nota Kesepahaman Kerjasama Sinergi

PT IPCM Tbk Teken MoU Dengan PT Pelindo Marine Service

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum

OJK Luncurkan Program Galeri Investasi Mobile

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI)