DPR Tolak Opsi Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Tuesday 19 Mar 2013, 7 : 22 am
by

JAKARTA- Anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi PDI-Perjuangan Arif Budimanta menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM subsidi. Pasalnya, masih banyak cara dan opsi yang bisa dilakukan pemerintah tanpa harus menaikkan harga BBM. Itu juga tanpa harus berdampak pada pembengkakan anggaran BBM subsidi.  “Dari lifting minyak kita 850 ribu barel perhari, harga patokan yang ada di APBN 100 dollar AS perbarel. Kalau hitung-hitungan saya, masih bisa bertahan dengan asumsi atau patokan itu tanpa APBN jebol. Tetapi, ya itu pemerintah sendiri harus obyektif dong dalam menentukan besaran biaya produksi minyak sendiri,”  jelas  Arif di Jakarta, Selasa (19/3).

Sebelumnya Staf Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan HS Dillon kepada wartawan, Kamis (14/3) menyebutkan, seluruh penasihat Presiden SBY telah meminta presiden mengambil keputusan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi yang disarankan pada April 2013 ini.
Sejauh ini kata dia, pemerintah juga belum pernah menyampaikan niatnya untuk menaikkan harga BBM subsidi ke DPR. “Karena struktur harganya bagaimana, kita ingin tau juga. Mulai dari harga beli BBM-nya, pajak-pajaknya, revenue, dan biaya pengiriman,” tukasnya. Termasuk margin untung yang diambil oleh distributor, dari mulai Pertamina sampai pangkalan dan SPBU.

Baca juga :  Lapor Pajak Tanpa Repot dengan Aplikasi E-Filing
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Audiensi Dengan Kapolda, Bawaslu DKI Jakarta Perkokoh Soliditas Gakkumdu

JAKARTA-Bawaslu DKI Jakarta melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan

SBY Optimistis KMP Dan PDIP Terima Perppu Pilkada

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan rasa syukurnya karena masyarakat