FOYB Siap Jadi Agen Pemilu Damai

Monday 9 Oct 2023, 8 : 14 am
by
Forum Ojol Yogyakarta Bergerak (FOYB) Dengan Semangat Kebinekaan Berkomitmen Menjaga Persatuan Bangsa Guna Mewujudkan Pemilu 2024 yang Damai, Bermartabat, Bersih, dan Berbudaya.

YOGYAKARTA-Memasuki tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY bersama Kepolisian Daerah (Polda) DIY menggelar sosialisasi pemilu 2024.

Sosialisasi ini dikemas dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang peran ojek online (ojol) yang tergabung dalam komunitas Forum Ojol Yogyakarta Bergerak (FOYB).
FGD ini digelar dalam rangka mewujudkan situasi yang kondusif dan damai dalam pesta demokrasi tahun 2024 di wilayah DIY.

FGD yang mengusung tema ‘FOYB Dengan Semangat Kebinekaan Menjaga Persatuan Bangsa Wujudkan Pemilu 2024 yang Damai’ ini, berlangsung di Hotel Museum Batik Yogyakarta di Jalan Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta, DIY.

Sosialisasi dan edukasi Pemilu 2024 untuk komunitas pengemudi ojol ini menghadirkan narasumber Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi, S.Th.I, M.Hum., dan Komisioner Bawaslu DIY Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Agung Nugroho, S.Pt.

Dirintelkam Polda DIY Kombes. Pol. Syahbuddin Nasution, S.I.K., Kasubdit 2 Ditintelkam Polda DIY AKBP Dwi Prasetio Nugroho, S.E., M.H dalam pesannya menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan menjelang tahun politik menjelang Pemilu 2024 yang saat ini telah memasuki tahapan pendaftaran calon anggota legislatif (caleg).

“Hal ini mendorong semua elemen, perangkat, dan kader partai politik melakukan deklarasi kendatipun belum ada penetapan pasangan calon (paslon),” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu 8 Oktober 2023.

Disadari, rutinitas para anggota FOYB sebagai ojol membatasi kesempatan mereka untuk menambah wawasan terkait pemilu.

Untuk itu, melalui edukasi ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan/wawasan batasan-batasan/larangan terkait hak dan kewajiban dari pemilih aktif dalam pemilu sehingga anggota FOYB tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

“Hal ini guna mendukung terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif selama pelaksanaan pentahapan menjelang Pemilu 2024 di wilayah DIY,” ungkapnya.

Didampingi Koordinator Lapangan (Korlap) FOYB Sapto Paijo dan Bendahara FOYB Ardian, Ketua FOYB Rie Rahmawati mengatakan, FOYB merupakan kelompok/komunitas yang bergerak di bidang transportasi menggunakan/berbasis aplikasi online.

Sampai saat ini pun regulasi yang mengatur batas hak dan kewajiban ojol masih menjadi pembahasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPII Stock Split Jadi Rp 5 per Saham

JAKARTA – Manajemen PT Batavia Properindo Internasional Tbk (BPII) mengumumkan, pihaknya

Didik J Rachbini : RUU Penjaminan Cenderung Merusak Bisnis

JAKARTA-Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP