Gubernur Lemhannas: Pancasila Benteng Indonesia Hadapi Pertarungan Global

Monday 29 May 2023, 11 : 14 am
by
Ketua Presidium Pusat ISKA Luky Yusgiantoro bersama Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto dan para narasumber berfoto bersama seusai puncak acara Dies Natalis ke-65 ISKA di Universitas Atmajaya, Jakarta, Minggu, 28 Mei 2023.

“Dalam konteks inilah, ISKA berupaya memaknai kebangsaan Indonesia dalam bingkai menjunjung tinggi martabat manusia dan kesetaraan,” ujar Luky.

Pemaknaan ulang terhadap kebangsaan penting dan harus dilakukan agar ide kebangsaan berada di dalam konteks dinamika sosial masyarakat yang kontemporer.

Proses kontekstualisasi tersebut harus digali Pancasila dan pembukaan UUD 1945.

Keduanya merupakan dasar membangun filosofi kebangsaan Indonesia.

“Selain meletakkan konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila  meletakkan hak asasi dan upaya menjunjung martabat manusia Indonesia dalam konteks bernegara,” Luky menambahkan.

Seluruh perayaan Dies Natalis ke-65 ISKA, diawali misa konselebrasi yang dipimpin Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Bunjamin Subianto OSC.

Tiga pastor pendamping Ketua KWI dalam misa konselebrasi adalah Dr. Antonius Widyarsono SJ, Dr. Andreas Atawolo OFM,  RD. Stevanus Harry Yudanto.

Tough Membela Geraja

Dari altar misa konselebrasi, Uskup Antonius berpesan dalam karya-karya pelayannya, ISKA  hendaknya  menghormati  serta mewujudkan martabat kemanusiaan dan kesetaraan dalam tugas pelayanannya sebagai cendekiawan Katolik.

“Di usia 65, ISKA adalah sebuah kekuatan luar biasa, menjadi parakletos  yang teguh membela Gereja serta  berbagai komunitas yang dilanda kesulitan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Spectaxcular 2023, DJP Gandeng BNI Gelar Kampanye Pajak

BNI juga mendukung pertumbuhan UMKM nasional melalui produk dan layanan

Sulit Asabri Gabung BPJS Ketenagakerjaan, Martin: Beda Nature

JAKARTA-Kalangan DPR menilai sulit menggabungkan Asabri dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal