Hasto Pastikan Pendamping Ganjar Orang yang Tepat

Tuesday 23 May 2023, 2 : 47 pm
by
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto

JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 adalah orang yang tepat.

Hanya saja, siapa orangnya belum diputuskan sekarang karena masih dikaji. Begitupun waktu pengumumannya, Hasto belum bisa memastikan.

Yang pasti, pendamping Ganjar Pranowo nanti adalah sosok yang didapatkan lewat sebuah proses penggodokan sangat matang dan dilakukan secara bersama partai-partai pendukung dan relawan.

Hal itu ditegaskan Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin 22 Mei 2023 setelah menerima Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

“Setelah dapat dukungan, dalam momentum yang tepat akan diumumkan calon wakil presiden. Jadi dulu juga sama 2014, 2019. Dan itu melihat konstelasi politik yang ada sesuai dengan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara dan juga ke depan,” jelas Hato Kristiyanto.

Hasto melanjutkan, “Jangan sampai, misalnya, Pemilu kemudian membawa resiko politik yang tidak perlu. Apalagi kita masih menghadapi tantangan-tantangan geopolitik yang harus disikapi. Ini menjadi konsideran, sehingga pada momentum yang tepat akan dikerucutkan.”

Hasto Kristiyanto juga belum bisa memastikan apakah nama Cawapres pendamping Ganjar Pranowo akan diumumkan pada Juni 2023 bertepatan dengan bulan Bung Karno sebagai momentum yang sangat penting untuk menggali ide serta pemikiran, gagasan, dan cita-cita ke depan.

“Kalau memang betul, itu bulan yang sangat penting. Termasuk Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945,” ucap politisi asal Yogyakarta itu.

Dia menambahkan, “Apakah nanti akan diumumkan pada bulan Juni atau bulan Agustus, juga akan lihat seluruh persyaratan-persyaratan objektif dari seluruh partai politik juga melihat momentum dan juga dinamika politiknya yang ada.”

Nama Cawapres dari PDI Perjuangan, pendamping Ganjar Pranowo, kata Hasto, akan diumumkan pada momentum yang tepat dan setelah melewati berbagai macam kajian.

Meski demikian yang pasti, saat ini sudah ada 10 nama yang sedang dikaji. Ke-10 nama ini masing-masing tujuh nama usulan Presiden Jokowi dan tiga nama usulan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Dalam nama-nama itu terdapat juga nama usulan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPO

IPO, Multikarya Asia Pasifik Raya Incar Dana Rp74,75 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Multikarya Asia Pasifik Raya Tbk (MKAP), mematok harga

Kampanye Harus Lihat Komunitas Rakyat

JAKARTA-Pengamat politik LIPI, Firman Noor mengatakan strategi kampanye sebaiknya disesuaikan