Intelektual Ganjar Vs Emosional Prabowo

Sunday 17 Dec 2023, 1 : 37 pm
by
karikatur oposisicerdas.com

Memperhatikan Anies Baswedan di Debat Capres pertama itu, kita seolah hanya melihat orang yang sedang nyinyir-nyiran dengan Prabowo saja.

Anies di forum debat itu hanya tampak sebagai politisi yang sangat ulung bermanuver politik, akan tetapi Anies sama sekali atau setidaknya belum menampakkan dirinya sebagai sosok calon presiden yang lengkap dengan kemahiran managerial kenegaraannya, yang bila saya ilustrasikan, Anies itu seperti orang yang pandai menginventarisir masalah namun tidak memiliki solusi konkritnya seperti apa.

Maka tak heran, situs survei duniapolling.com, Selasa (12/12/2023), langsung merilis sejumlah pertanyaan terkait debat Pilpres 2024, dalam pertanyaannya,”Siapa pasangan yang cocok untuk memimpin Indonesia pada 2024 nanti?”. Lalu “Siapa yang akan menang debat Capres Cawapres 2024?”.

Hasilnya, pasangan calon Ganjar-Mahfud selalu mendapatkan suara tertinggi  dengan rata-rata 38,2 persen, Anies-Muhaimin 31,5 persen sedangkan Prabowo-Gibran 30,4 persen.

Sedangkan polling online yang diselenggarakan oleh Tvonenews.com selama debat Capres 2024 berlangsung, juga menunjukkan Ganjar-Mahfud unggul dengan 431.043 suara (79,55 %), Anies-Muhaimin 95.717 suara (17,66 %), sedangkan Prabowo-Gibran meraih hanya 15.111 suara (2,79 %).

Polling online ini saya pikir jauh lebih akurat dan minim rekayasa, dibandingkan dengan rilis dari lembaga-lembaga survei yang sudah melakukan kontrak terlebih dahulu dengan Capres Prabowo jauh sebelum Pilpres.

Rakyat sudah mulai mendapatkan gambaran seperti apa kualitas Capresnya.

Mulai dari Capres Anies yang cerdik melakukan serangan-serangan politiknya, namun masih kering program-program yang akan bisa diukur pencapaiannya, Capres Prabowo yang terlihat tegas bicaranya namun tidak jelas ketegasan moral intelektualnya, hingga Capres Ganjar Pranowo yang kalem namun nampak sarat wawasan dan pengalaman birokrasinya, serta sangat realistis dan terukur program-program kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba Rig Tenders Indonesia Diperkirakan Naik 13,8% Jadi Rp71 Miliar pada 2024

JAKARTA-Manajemen PT Rig Tenders Indonesia Tbk (RIGS) memperkirakan laba bersih

Kemendag Tampilkan 45 Produk Peraih GDI di M Bloc Design Week

JAKARTA-Kualitas desain produk ekspor terus dikembangkan. Sebanyak 45 produk unggulan