Kadin Indonesia: Pengembangan UMKM Sebagai Basis Kebangkitan Ekonomi Nasional

Sunday 13 Dec 2020, 11 : 56 am
by
ILUSTRASI

JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (KADIN) INDONESIA hadir dan berkomitmen dalam bersinergi seraya terus melakukan pendampingan serta edukasi kepada dunia usaha dalam mengatasi berbagai problematika.

Hal ini sebagai bentuk pertahanan ekonomi pada lintas sektor khususnya UMKM Di tengah badai pandemi COVID-19.

“KADIN INDONESIA merupakan organisasi yang di bentuk oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri dan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2010,” jelas Ketua Penyelenggara Munas IX Kadin Indonesia, H. Nur Kholis., SH., MA di Jakarta, Sabtu 12/12/20.

Sebagaimana AD/ARTnya KADIN INDONESIA memiliki tujuan membina, mengembangkan kemampuan, kegiatan, kepentingan pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, usaha koperasi serta usaha swasta yang dalam kedudukannya sebagai pelaku-pelaku ekonomi Nasional.

Baca juga :  Pansus BLBI DPD RI Tegaskan Penjualan BCA Rugikan Negara

Lebih lanjut Nur Kholis mengatakan bahwa KADIN INDONESIA juga berperan serta dalam menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya secara efektif dalam Pembangunan Nasional.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 17 Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengesahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kamar Dagang dan Industri Indonesia tentang Musyawarah Nasional, ungkap Ketua Penyelenggara Munas IX.

Selain itu, juga demi mewujudkan kehidupan ekonomi dan dunia usaha Nasional yang sehat dan tertib beradasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

Adapun dengan akan berakhirnya kepengurusan KADIN INDONESIA periode 2015-2020, maka KADIN INDONESIA telah menetapkan Panitia Penyelenggara berdasarkan dengan SK Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor : 01/KEP/MUNAS/DP-KI/IX/2020.

Baca juga :  Keppres Diteken, BPIH 2016 Sebesar Rp31,117 Juta-Rp38,905 Juta

Selanjutnya, penyelenggaraan Musyawarah Nasional IX (Munas IX-red) akan diadakan pada tanggal 14-15 Desember 2020 di Hotel Manhattan di Jakarta dengan mekanisme webinar dengan tema Munas IX ‘Pengembangan Industri Nasional Berbasis Sumber Daya Sendiri dan Kearifan Lokal : Pengembangan UMKM Sebagai Tonggak Kebangkitan Ekonomi Nasional.’ terang Nur Kholis

Adapun, Munas IX pada hari senin 14 Desember 2020 tersebut akan dibuka oleh Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A yang sebelumnya akan didahului arahan dari Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, DR. Oesman Sapta dan Sambutan Ketua Umum Kadin Indonesia Eddy Ganefo pada pukul 18.30-19.30 WIB di Hotel Manhatan Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ekspansi Bisnis, Pelayaran Nasional Nelly Dirikan Anak Usaha di Singapura

JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Nelly Dwi Putri Tbk (NELY)

ULN Triwulan IV-2016 Tercatat USD317,0 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada