Kamis, DPR Sahkan UU Perlindungan Petani

Wednesday 10 Apr 2013, 8 : 56 pm
koran-jakarta.com

JAKARTA-Perlindungan terhadap nasib petani makin mendapatkan perhatian yang tinggi dari DPR. Karena itu pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (RUU PPP) di tingkat Panitia Kerja (Panja) Komisi IV DPR RI dan akan disahkan besok di rapat paripurna menjadi UU. “Selanjutnya, besok RUU PPP itu akan disahkan sebagai UU pada rapat paripurna DPR RI,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron di Jakarta, Rabu,(10/4).

Penyelesain pembahasan di tingkat Panja itu terkait untuk seluruh norma substansi, dan tinggal menyisakan tahapan pembahasan tim kecil (tim perumus dan tim sinkronisasi).

DPR berharap UU PPP bisa menjadi solusi terhadap persoalan yang selama ini menjadi masalah petani seperti sempitnya lahan garapan, sulitnya pembiayaan, kepastian harga, tersumbatnya akses informasi dan pasar, sarana dan prasarana pertanian, serta jaminan apabila terjadi gagal panen melalui pembentukan asuransi pertanian. “Tentunya UU PPP berdampak baik bagi petani kita, untuk kesejahteraan petani,” jelasnya

Baca juga :  Putusan Rotasi Jajaran Fraksi PKS Tak Transparan

Di sisi lain, lanjut Herman, Komisi IV DPR RI bersama pemerintah sudah menyelesaikan pasal-pasal yang selama ini menjadi perdebatan, terutama soal pendanaan dan pembiayaan bagi petani dan asuransi pertanian. “Akhirnya bersepakat, bahwa asuransi pertanian sebagai instrumen perlindungan apabila gagal panen terphadap petani sesuai yg ditetapkan dalam undang-undang ini, sebagian pembayaran preminya ditanggung oleh pemerintah yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara,” ungkapnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BIN Jangan Jadi Alat Memata-Matai Parpol Lain

JAKARTA-Presiden RI Jokowi tidak main-main dengan fungsi intelejen negara, mengingat

RUMI: SDM Menjadi Salah Satu Fokus Pengembangan Oleh Pemerintah

JAKARTA-Indonesia, menurut riset Boston Consulting Group, diprediksi mengalami krisis pemimpin