Kemlu Imbau WNI Tunda Perjalanan ke Iran dan Israel

Sunday 14 Apr 2024, 4 : 20 pm
Ilustrasi

JAKARTA –  Kementerian Luar Negeri (Kemlu)  mengimbau seluruh WNI yang berencana  melakukan perjalanan ke Iran dan Israel untuk menunda rencana tersebut menyusul terjadi eskalasi gangguan keamanan di kedua negara tersebut.

Kemlu dan Perwakilan RI di Timur Tengah terus memantau dari dekat eskalasi yang terjadi pasca serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damascus dan serangan balasan Iran ke Israel.

Eskalasi situasi keamanan di Timur Tengah tersebut telah menyebabkan beberapa negara di Timur Tengah melakukan pembatasan atau penutupan wilayah udara mereka untuk penerbangan komersil maupun penerbangan lainnya.

“Bagi WNI yang berencana melakukan perjalanan dengan rute penerbangan melewati wilayah udara atau transit bandara di negara-negara Timur Tengah, diimbau untuk mengantisipasi gangguan jadwal penerbangan (flight disruption) dan segera menghubungi maskapai masing-masing untuk mendapatkan update penerbangan,” demikian dikutip dari laman resmi kemlu, Minggu (14/4/2024).

Jika menghadapi situasi kedaruratan agar segera menghubungi nomor hotline Perwakilan RI terdekat atau mengakses aplikasi bergerak Safe Travel Kemlu.

Kemlu juga terus komunikasi dan koordinasi dengan KBRI Amman, KBRI Tehran Perwakilan RI lainnya di Timur Tengah, termasuk situasi para WNI yang tinggal di kawasan tersebut.

KBRI Amman telah menjalin komunikasi dengan para WNI yang menetap di wilayah Israel.  Hingga saat ini tidak ada informasi WNI yang terdampak dalam serangan  Iran ke Israel pada 14 April 2024.

Database KBRI Amman mencatat terdapat 115 WNI yg berada di Israel. Mayoritas menetap di Jerussalem, Tel Aviv dan Arava, sedangkan KBRI Tehran mencatat terdapat 376 WNI yang menetap di Iran. Mayoritas adalah pelajar/mahasiswa di kota Qom.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IX

JAKARTA-Pemerintah meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi jilid IX guna mendorong pertumbuhan

Borong 51% Saham CASS, EMTK Kuras Kas Hingga Rp 872,76 Miliar

JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) melalui anak