Ketua KOPITU: Penunjukan Arsjad Rasyid Timbulkan Conflict of Interest

Wednesday 6 Sep 2023, 7 : 23 am
by
KOPITU
Ketua Umum Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) Yoyok Pitoyo

JAKARTA-Penunjukan Arsjad Rasyid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dalam gelaran Pilpres 2024 menuai berbagai tanggapan.

Salah satunya dari Ketua Umum Komite Pengusaha Kecil Menengah, dan Mikro (KOPITU), Yoyok Pitoyo.

Yoyok menilai, penunjukan Arsjad yang masih menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) menimbulkan ragam asumsi di kalangan pengusaha.

Menurut dia, penunjukan Arsjad menimbulkan waksangka di tengah masyarakat bahwa Ganjar Pranowo dalam genggaman oligarki.

“Pengusaha di Indonesia selalu diidentikan dengan oligarki. Jadi, penunjukan Arsjad menimbulkan waksangka bahwa Ganjar Pranowo juga akan dikendalikan oleh oligarki,” kata Yoyok dalam keterangannya, Rabu(6/9/2023).

Selain itu, Yoyok juga menilai bahwa penunjukan Arsjad tidak tepat karena masih menjabat aktif sebagai Ketua KADIN.

Ia mengatakan, penunjukan Arsjad menimbulkan kekhawatiran akan menggunakan jabatannya sebagai Ketua KADIN untuk kepentingan pemenangan Ganjar.

Ini berbeda denga Eric Tohir yang saat itu menjadi Ketua TPN Joko Widodo.

Sebaiknya Arsjad fokus urusi pengusaha terutama usaha kecil yang tengah kembang-kempis karena mendapat serbuan produk impor.

“Dalam hitungan pebisnis, tak ada makan siang yang gratis. Apalagi ini tim pemenangan presiden yang bukan hanya menguras tenaga, tetapi juga menyangkut dana. Sehingga pasti berpikir setelah usai dan memenangkan calon, dikhawatirkan ada kepentingan pengusaha,  buruh, atau unsur masyarakat lain yang dikorbankan untuk kepentingan golongan dan kelompoknya,” kata dia.

“Setelah menjabat sebagai Ketua TPN Ganjar, sebaiknya Arsjad meletakan jabatan Ketua KADIN, sudah semestinya KADIN berada dalam posisi netral dan tidak berpihak pada salah satu calon presiden. Bila ketuanya menjadi ketua TPN salah satu calon bagaimana mungkin KADIN bisa meminta pandangan umum dan prespektif masing-masing capres terhadap dunia usaha Indonesia kedepan,” tambahnya.

Yoyok berharap, Ganjar Pranowo dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penunjukan Arsjad Rasyid.

Ia juga berharap, Ganjar Pranowo dapat meyakinkan masyarakat bahwa dirinya tidak akan dikendalikan oleh oligarki.

Sebelumnya, pertemuan empat ketua umum parpol pengusung Ganjar Pranowo menghasilkan keputusan tentang Tim Pemenangan Nasional (TPN) calon presiden (capres) 2024.

Pertemuan itu berlangsung di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/9).

TPN capres Ganjar Pranowo dipimpin oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasyid dan dibantu mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai wakil ketua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hadapi Perlambatan Ekonomi, Presiden Kumpulkan Gubernur

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mengakui adanya perlambatan ekonomi yang tengah melanda

Kominfo: Migrasi ke TV Digital Bisa Berkontribusi Rp443,8 Triliun Pada PDB

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menilai, migrasi penyiaran televisi terestrial