Keyakinan Konsumen Masih Cukup Tinggi

Thursday 6 Mar 2014, 6 : 10 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada bulan Februari 2014 menunjukkan keyakinan konsumen masih cukup tinggi. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 116,2 yang masih berada pada level optimis, meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan IKK bulan sebelumnya sebesar 116,7. Optimisme yang masih kuat ini ditopang oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang naik dari 110,9 pada Januari 2014 menjadi 111,7 pada Februari 2014.

Keterangan tertulis Departemen Statistik Divisi Statistik Sektor Rill BI menyebutkan perkembangan positif terutama terlihat pada kenaikan IKE di beberapa daerah seperti di kota Ambon (16,3 poin) dan Makassar (14,1 poin). Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang  yang tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit menurun meskipun tetap berada dalam teritori optimis. Penurunan IEK terbesar terjadi di Pangkal Pinang (-21,5 poin) dan Surabaya (-16,2 poin).

Keyakinan konsumen yang masih tinggi juga didukung oleh ekspektasi harga yang masih terkendali. Hasil survei yang sama menunjukkan adanya penurunan ekspektasi kenaikan harga pada 3 dan 6 bulan mendatang. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan responden terkait hal ini adalah kembali normalnya permintaan pasca bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri serta tren penguatan nilai tukar Rupiah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gara-Gara Gejolak Kurs, BNI Perketat Kredit Valas

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk memperketat penyaluran kredit valuta

Standard and Poor’s &P Naikkan Peringkat Utang Pakuwon Jati Jadi BB+

JAKARTA-Lembaga pemeringkat Standard and Poor’s (S&P) telah menaikkan peringkat utang