Laju IHSG Berpotensi Terkoreksi, Akumulasi Saham Pilihan Analis

Thursday 16 Dec 2021, 8 : 38 am
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpotensi terkoreksi menuju level support 6.586, meski kemarin mampu bertahan di zona hijau dengan penguatan sebesar 0,16 persen ke level 6.626.

“IHSG berpeluang melanjutkan pola koreksi sebelumnya, setelah ditutup di bawah level resistance terdekat di posisi 6.632 pada Rabu kemarin,” kata analis PT Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova dalam riset harian untuk perdagangan Kamis (16/12).

Tetapi, menurut Ivan, laju IHSG bisa saja bertahan di tren kenaikan, jika pergerakannya mampu menembus level 6.667.

Saat ini level support berada di posisi 6.586, 6.562 dan 6.528, sedangkan resistance IHSG di level 6.632, 6.653 dan 6.668.

“Indikator MACD dalam kondisi netral,” ucapnya.

Dengan demikian, jelas Ivan, pergerakan IHSG yang diperkirakan berbalik terkoreksi minor tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para pelaku pasar dengan mengakumulasi pembelian saham BMRI, INCO, KLBF, MIKA dan TKIM.

Perkiraan yang sama disampaikan oleh analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya yang menyebutkan bahwa laju IHSG di perdagangan hari ini akan mengalami pelemahan.

Adapun rentang support-resistance IHSG berada di level 6.582-6.676.

“Perkembangan dari pergerakan IHSG masih terlihat dalam rentang konsolidasi wajar pasca pencapaian rekor all time high beberapa waktu yang lalu,” ucap William.

Dia mengatakan, potensi IHSG untuk kembali mengalami kenaikan signifikan belum terlihat, mengingat capital inflow menjelang akhir tahun belum terlihat masif.

Tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia yang diperkirakan tetap bertahan di level 3,5 persen akan menjadi sentimen positif.

“Hari ini IHSG berpotensi melemah,” tegasnya.

Maka, kata William, pada perdagangan hari ini Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan kepada para pelaku pasar untuk mengoleksi saham ASRI, BINA, INDF, UNVR, OASA, BBCA, BBNI, BNII dan PWON

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Propoganda Radikalisme, Kemkominfo Blokir Akses Aplikasi Telegram

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah meminta Internet Service Provider

BKKBN: Pendataan Keluarga 2021 Untuk Pemerataan Pembangunan

JAKARTA-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Pendataan Keluarga