Laporan Keuangan Kemendag Raih Opini WTP

Thursday 11 Jul 2013, 7 : 24 pm
by

JAKARTA-Laporan Keuangan Kementerian Perdagangan Tahun 2012 berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ini diserahkan kepada Sekteraris Jenderal Kementerian Perdagangan Gunaryo oleh Anggota Pembina Keuangan Negara (KN) ll Sapto Amal Damdari di Auditorium Tower BPK, Jakarta (8/7).

Selanjutnya,opini atas laporan keuangan membutuhkan komitmen dan disiplin pimpinan serta seluruh pegawai Kemendag dalam menjalankan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan menyusun laporan keuangan sesuai Standar Akutansi Pemerintahan (SAP). “Untuk itu, peningkatan kualitas laporan keuangan sangat memerlukan komitmen pimpinan dan partisipsi aktif pelaksana dalam  membenahi sistem akutansi dan pelaporan keuangan,”ujar Gunaryo.

Namun demikian, BPK juga mengingatkan bahwa opini WTP yang diberikan tidak menjamin kementerian/lembaga bebas dari penyimpangan dalam pengelolaan anggaran maupun praktik KKN,serta tidak dijamin untuk mendapatkan opini yang samapada tahun yang akan datang.

Baca juga :  RS Kini Dapat Ajukan Klaim Covid-19 ke Kemenkes

Karena itu,untuk tetap mempertahankan opini WTP, pihak BPK menyarankan kepada Kementerian Perdagangan untuk terus melakukan penyempurnaan terhadap SPI serta menyusun  Standard Operating Procedure(SOP) pengelolaan keuangan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

MNC Sekuritas Tangani IPO SPRE Beraset Rp24 Miliar

JAKARTA – Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan sprei, PT

Prabowo-Gibran Ajukan Diri Sebagai Pihak Terkait Dalam Sengketa PHPU Presiden

JAKARTA– Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo