MAMI Salurkan Dana Purifikasi Untuk Renovasi Jembatan Pagersi di Bogor

Minggu 29 Okt 2023, 10 : 01 am
by
Justitia Tripurwasani – Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) (tengah) melakukan serah terima tanda selesainya program renovasi Jembatan Pagersi kepada Noer Madiya Eka – Lurah Sukahati. MAMI menyalurkan dana purifikasi sejumlah Rp398,2 juta dari tiga reksa dana syariah kelolaannya untuk merenovasi Jembatan Pagersi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jembatan sepanjang 32 meter dengan lebar 2,4 meter ini merupakan sarana infrastruktur penting bagi warga masyarakat sekitar dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

 

“Dengan selesainya program renovasi, kami harap warga masyarakat dapat melintasi Jembatan Pagersi dengan lebih aman, serta dapat mempermudah dan mempersingkat perjalanan menuju fasilitas pendidikan, fasilitas umum, dan tempat kegiatan perekonomian,” ujarnya.

Lebih lanjut Justitia menjelaskan bahwa MAMI selaku pengelola reksa dana syariah memiliki kewajiban untuk memastikan seluruh reksa dana syariah kelolaannya telah memenuhi prinsip syariah di pasar modal.

“Proses purifikasi dilakukan di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah (“DPS”) untuk memastikan seluruh reksa dana syariah MAMI terbebas dari unsur kekayaan yang bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.  Oleh karena itu kami secara rutin menyalurkan dana purifikasi,” ujar Justitia.

Mohammad B. Teguh, Ketua DPS MAMI mengatakan, “Kami di DPS bertugas melakukan pengawasan terhadap reksa dana syariah yang diterbitkan dan dikelola MAMI. Seluruh reksa dana syariah kelolaan MAMI telah sesuai dengan prinsip syariah, dan proses purifikasinya juga telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebelum memulai proyek renovasi Jembatan Pagersi, pihak MAMI juga telah berkonsultasi dengan DPS, baik dari sisi sumber dana purifikasi reksa dana syariah, kemaslahatan programnya, dan juga pihak pelaksana program. Kami bersyukur proyek renovasi telah selesai, dan berharap agar warga masyarakat menggunakan jembatan ini dengan bijak serta merawatnya, agar bermanfaat dalam jangka waktu yang sangat panjang.”

Saat ini, MAMI mengelola tujuh reksa dana syariah, terdiri dari dua reksa dana pasar uang syariah, satu reksa dana sukuk, dan empat reksa dana saham syariah.

Hingga akhir Juni 2023, dana kelolaan (AUM) reksa dana syariah MAMI tercatat sejumlah Rp4,4 triliun, salah satu yang terbesar di industri reksa dana Indonesia.

Dalam program ini MAMI dibantu oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika (“Dompet Dhuafa”) sebagai pelaksana program.

Dompet Dhuafa bertugas mengajukan beberapa alternatif program di berbagai wilayah Indonesia kepada MAMI dan melaksanakan program yang telah dipilih oleh MAMI.

Rahmad Riyadi, Ketua Pengurus Dompet Dhuafa menguraikan detail pekerjaan yang dilakukan, “Dalam program renovasi ini, lebar jembatan ditambah, dari semula 2,1 meter menjadi 2,4 meter.  Rangka jembatan juga diganti, dari rangka rel kereta menjadi rangka besi WF.  Selain itu, lantai jembatan juga diganti, dari semula susunan batang kayu menjadi lantai besi plat bordes.  Kalau dulu sepeda motor harus bergantian melintasi jembatan ini, sekarang beberapa sepeda motor dapat melalui jembatan ini salam waktu bersamaan secara leluasa.”

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

DBS Dinobatkan Sebagai Bank Terbaik di Dunia

SINGAPURA-DBS Bank dinobatkan sebagai bank terbaik di dunia. Inilah kali

BI Terbitkan Ketentuan Tindak Lanjut Kebijakan Hadapi Pandemi COVID-19

Sebagai tindak lanjut keputusan RDG Bulanan 13-14 April 2020, BI