Menakar Arah Bidak Catur Jokowi

Saturday 17 Feb 2024, 11 : 16 am
karikatur kabnews.id

Hal ini bisa dilihat dari prediksi lembaga-lembaga survei nasional, yang menjelang PEMILU 2024 Partai GOLKAR diperkirakan hanya memperoleh suara sekitar 7 %, namun setelah hari pemilihan Partai GOLKAR memperoleh suara nyaris 2x lipat dari hasil semula semua lembaga survei nasional yakni menjadi 13 %.

Luar biasa drama politik ini telah dimainkan nyaris sempurna oleh Jokowi, sehingga Partai GOLKAR yang tadinya suaranya akan jeblok di bawah Partai GERINDRA dan Partai Demokrat menjadi hampir setara dengan Partai GERINDRA meskipun masih kalah jauh dengan suara PDI Perjuangan.

Lantas apa tujuan dan keuntungan politis yang akan diperoleh oleh Jokowi terhadap strategi dan drama politiknya ini?

Itu tak lain dan tak bukan, Presiden Jokowi menginginkan Partai GOLKAR nantinya akan dijadikan kendaraan politik sekaligus benteng perlindungan politik Jokowi terhadap pengaruh PDI Perjuangan dan Partai GERINDRA.

Prabowo jika benar nantinya berhasil menjadi Presiden sudah memiliki kendaraan politik, yakni Partai GERINDRA, lalu Gibran Rakabuming mau mengendarai partai apa, sedangkan Gibran sendiri sudah terusir dari PDI Perjuangan.

Jika sudah demikian, maka Presiden Prabowo akan leluasa berkuasa dan bisa berbuat apa saja, termasuk mengunci mati posisi dan peran Wapresnya, yakni Gibran, karenanya Jokowi memerlukan kendaraan tempur politik taktis, dan itulah Partai GOLKAR !.

Olehnya jangan heran mengapa Presiden Jokowi sampai pernah memberikan isyarat politik dukungannya pada Partai GOKLKAR dengan mengenakan Dasi warna Kuning dan pernah mengendarai Mobil warna Kuning.

Presiden Jokowi memang nampaknya sedang terindikasi terjangkit “penyakit” kuning.

Dan itulah Partai GOLKAR yang menjadi benteng perlindungan terakhir politiknya, setelah lama ditinggalkan Suhu Politik GOLKAR ternama, yakni Soeharto penguasa ORBA.

Mampukah Jokowi mengendalikan Partai GOLKAR untuk membuldoser Partai GERINDRA ketika nantinya Wapres Gibran dikunci mati posisi dan perannya oleh Presiden jikapun benar terpilih Prabowo?

Kita lihat saja nanti di tanggal mainnya.

Yang jelas jika PDI Perjuangan yang nantinya akan menguasai parlemen itu sudah mengarahkan panser kekuatan perlawanan politiknya ke Jokowi.

Mau tidak mau, suka tidak suka, Prabowo dengan Partai GERINDRA nya akan manut pada seruan PDI Perjuangan jika Prabowo tidak ingin usia kepemimpinan nasionalnya seumur jagung, seperti hasil panen proyek Food Estatenya yang berubah menjadi Ketela.

Penulis adalah Lawyer dan Pengamat Politik di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengamat: Sebelum Dipegang Hendrisman Dkk Jiwasraya Defisit Rp 6,7 Triliun Tahun 2008

Langkah ini ditempuh lantaran aset perusahaan tercatat hanya sebesar Rp23,26

Bansos Tahap I di Tangsel Sudah Cair

TANGERANG-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), memastikan penyaluran Bantuan