Menko Luhut: Saya Tidak Tahu Tentang Mayfair International Ltd

Monday 25 Apr 2016, 11 : 16 am
by
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA-Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak tahu menahu tentang Mayfair International Ltd., sebuah perusahaan offshore yang tercantum dalam Panama Papers. Bantahan ini disampaikan Luhut yang disebut sebagai direktur tunggal Mayfair. “Saya tidak pernah mendengar nama perusahaan tersebut hingga saat saya menerima surat permohonan wawancara,” tegasnya di Jakarta, Senin (25/4).

Menurut investigasi Majalah Tempo, nama Luhut disebut pada dokumen Panama Papers terkait Mayfair yang disebut didirikan pada 29 Juni 2006, dan beralamatkan di Seychelles, negara kepulauan di Samudera Hindia, bekas jajahan Inggris.

Mayfair dinyatakan dimiliki oleh dua perusahaan: PT Persada Inti Energi dan PT Buana Inti Energi. Kedua perusahaan itu disebut-sebut terkait dengan perusahaan milik Luhut, PT Toba Bara Sejahtra Tbk. “Saat melakukan wawancara dengan majalah tersebut,  saya baru mengetahui bahwa perusahaan itu berdiri pada tahun 2006,” terangnya.

Baca juga :  Presiden Teken Keppres Gugus Tugas Implementasi Program Tax Amnesty

Kenyataanya jelas Luhut, pada tahun 2006, dirinya belum memiliki uang. “Jadi untuk apa saya mendirikan perusahaan cangkang seperti itu,” tuturna.

Setelah dilakukan penyelidikan, ada dugaan bahwa bisa saja perusahaan itu dibuat tanpa sepengetahuannya. Karena untuk membuat perusahaan cangkang seperti itu tidak diperlukan tanda tangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Cadangan Devisa Turun Menjadi US$110,9 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia akhir

Utang Indonesia Oktober 2019 Tercatat Sebesar USD 400,6 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada