MenKopUKM: Kain Tradisional Indonesia Harus Jadi Bagian Industri Dunia

Sunday 30 Jul 2023, 4 : 49 pm
by
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki

JAKARTA-Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.

MenKopUKM Teten Masduki mengatakan kain-kain wastra Indonesia dikenal memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai daerah, hal itulah yang menjadi unggulan produk kain dalam negeri dibanding negara lain.

“Salah satunya dari Indonesia, dua tahun lalu tenun gringsing dari Bali itu sudah dipakai oleh merek Dior. Nah ini saya kira akan banyak kain lokal wastra lainnya yang akan menjadi bagian dari produk dunia,” ucap Menteri Teten di sela-sela acara Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (27/7).

Dalam mewujudkan hal tersebut, kata Menteri Teten, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) turut aktif melakukan kerja sama dengan berbagai inkubator untuk mengurasi dan mendampingi para pelaku UMKM, dan desainer lokal agar memenuhi standar dunia.

“Salah satunya KemenKopUKM yang telah bekerja sama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Pintu Inkubator untuk membawa produk fesyen termasuk kain tradisional masuk ke pasar Prancis dan Eropa. Karena kalau bekerja sendiri pasti butuh waktu yang lama. Bersama inkubator, mendorong bisnis UMKM ini terus berkembang ke pasar global,” ujarnya.

MenKopUKM pun mendukung ajang KKI 2023 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) dan menjadi komitmen BI bersama Pemerintah dalam mengakselerasi berbagai kebijakan pengembangan UMKM, agar semakin produktif dan kontributif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Event seperti ini, selain mempromosikan produk kain Indonesia dan mendorong penjualan ritel, tetapi juga menjadi ajang business matching yang mengundang para buyer dari luar negeri, sehingga produk kain dan fesyen Indonesia yang kaya ini, terhubung dengan distributor di luar negeri,” kata Teten.

Seiring dengan tujuan tersebut, MenKopUKM juga menekankan bahwa kekuatan produk dalam negeri ini harus dilindungi dari serbuan barang impor.

Terutama kain-kain tradisional yang memiliki kekhasan dan keunggulan dibanding produk impor yang ada.

Terutama dengan kehadiran e-commerce, telah ada kajian di beberapa negara termasuk di dalam negeri, di mana banyak produk UMKM Tanah Air yang mulai tergerus produk impor di platform e-commerce.

Itu mengapa, ia sangat menekankan, agar perlu segera disusun kebijakan Pemerintah mengenai arus perdagangan dalam digitalisasi ekonomi Tanah Air.

“Alhamdilulilah sebentar lagi akan dibentuk Satgas untuk digital ekonomi yang memiliki tugas melindungi produk UMKM, e-commerce itu sendiri, industrinya, juga konsumen,” kata MenKopUKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

1,8 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Tanah Air

JAKARTA-Sebanyak 1,8 juta vaksin COVID-19 tiba di Tanah Air pada

Buy Back Saham, Champion Pacific Siapkan Rp22,63 Miliar

JAKARTA-PT Champion Pacific Indonesia Tbk (IGAR) akan melakukan pembelian kembali saham