MenKopUKM: Kain Tradisional Indonesia Harus Jadi Bagian Industri Dunia

Sunday 30 Jul 2023, 4 : 49 pm
by
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki

Hadir sebagai tuan rumah event KKI, Gubernur BI Perry Warjiyo yang mengatakan, kebangkitan UMKM dapat diwujudkan melalui tiga kata kunci, yaitu konsisten, inovasi, dan sinergi (KIS).

Pertama, konsisten dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM.

Kedua, kami mendorong inovasi agar UMKM dapat menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,” kata Perry.

Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga (K/L), untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi permintaan dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri.

KKI tahun ini mengangkat tema ‘Badarau Nusantara-Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara.’ KKI 2023 berlangsung secara offline di Hall B JCC pada 27-30 Juli 2023.

Pameran KKI 2023 secara fisik diikuti oleh ­300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKI dengan melibatkan lebih dari 800 UMKM dari seluruh Indonesia.

KKI 2023 menampilkan beragam produk wastra, kriya, kopi, serta makanan dan minuman olahan, yang disajikan dalam pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi secara ketat baik dari UMKM Binaan dan Mitra BI, juga UMKM dari enam Kementerian dan Lembaga (K/L) yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Dewan Kerajian Nasional (Dekranas).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Inilah Susunan Acara Rakernas IV PDIP, Mobil Bioskop Partai Bakal Dipamerkan

Namun, dia menyadari bahwa pembukaan Rakernas IV PDIP ini bertepatan

Neurabot, Startup Deteksi Dini Covid-19

Gati menambahkan, penumbuhan pelaku startup teknologi menjadi bagian langkah prioritas