Menteri Jangan Buat Gaduh di Ruang Publik

Sunday 10 Nov 2019, 5 : 10 pm
by
Emrus Sihombing adalah Komunikolog Indonesia

Perbedaan pandangan ini harus mereka pertanggungjawabkan ke publik. Jika dua pandangan yang berbeda tersebut ada kecocokan fakta, data dan bukti, hanya yang berbeda dari sudut pandang saja, ini lebih mudah melakukan klarifikasi di ruang publik.

Lain halnya bila ditemukan ada perbedaan data, fakta dan bukti yang sangat signifikan, maka perlu dilakukan uji validitas secara menyeluruh terhadap sajian lontaran pernyataan dari dua menteri tersebut.

Jika hasilnya ditemukan bahwa fakta, data dan bukti yang bersumber dari dua menteri tersebut tidak valid, sejatinya kedua menteri tersebut harus minta maaf kepada publik sembari mengatakan tidak mengulang hal yang sama lagi ke depan. Atau bisa saja mundur.

Jika hasilnya ditemukan bahwa fakta, data dan bukti yang bersumber dari salah satu menteri tersebut benar-benar tidak valid, alangkah satrianya menteri yang bersangkutan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju, supaya tidak menjadi beban presiden di mata publik.

Sebagai rujukan saja, pernah seorang menteri di Jepang harus turun dari jabatan karena salah ucapan.

Penulis adalah Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPJS

Budaya Manajemen Risiko Yang Minimalis di BPJS Ketenagakerjaan

Oleh: Poempida Hidayatulloh Minimalisnya implementasi Manajemen Risiko di BPJS Ketenagakerjaan
manajemen MEDC telah menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM

Lunasi Utang Jatuh Tempo, MEDC Siap Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

JAKARTA-PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan