Menteri Jonan dan Moeldoko Beri Orasi Kebangsaan Pada 60 Tahun ISKA

Rabu 30 Mei 2018, 3 : 04 pm
by
Ketua Presidium Pusat ISKA Hargo Mandirahardjo

Menurut Hargo, saat ini Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISKA di sejumlah daerah seperti Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan DKI Jabodetabek sedang melakukan kajian tentang spirit merawat kebangsaan melalui nilai-nilai kearifan lokal daerah.

“Tujuan ISKA adalah mengangkat kembali kekayaan kearifan lokal yang dapat menguatkan komitmen kebangsaan kita,”Hargo menambahkan.

Ketua Panita Dies Natalis ke-60 dan Presidium Bidang Ekonomi ISKA, Luky Yusgiantoro, menjelaskan alasan ISKA mengangkat Persatuan dan Kesatuan Bangsa sebagai tema perayaan.

“Kami menyadari, tenun kebangsaan kita saat ini sedang diuji oleh berbagai peristiwa yang mengganggu relasi antar-anak bangsa” ujarnya.

Dia menegaskan, komitmen meneguhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa bukan perkara mudah.

“Maka kami perlu bersinergi dengan semua komponen anak bangsa,” kata Luky.

Untuk itulah, menurut Luky, ISKA mengundang kedua tokoh nasional di atas untuk memberikan pencerahan tentang dinamika kebangsaan di tanah air saat ini.

“Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan serta Kepala Staff Kepresidenan dijadwalkan hadir dan menyampaikan orasi kebangsaan,” ujar Luky menjelaskan.

Berdiri pada 22 Mei 1958, nama ISKA baru mulai digunakan setelah Munas di Bandungan, Jawa Tengah pada 1964. Sejak itulah ISKA menjadi ormas Katolik yang bersifat nasional serta berbentuk federasi. Salah satu tujuannya: mengawal Pancasila dari aksi-aksi distegrasi bangsa.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Posisi Uang Beredar April 2015 Sebesar Rp4.274,9 Triliun

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencacat pertumbuhan likuiditas perekonomian M2 (Uang Beredar

Kemendag Gelar Atambua Internasional Expo 2023 di Marketing Point Motaain

ATAMBUA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah di perbatasan