Misi Dagang ke Arab Saudi, Catatkan Potensi Transaksi USD 14,02 Juta

Sunday 9 Dec 2018, 10 : 13 pm
by
Direktur Jenderal PEN, Arlinda.

Menutup rangkaian misi dagang, Arlinda juga menyaksikan penyerahan penghargaan Primaduta Award yang diberikan kepada empat buyer asal Arab Saudi yaitu Abdul Latif Jameel Co, Bin Sihon Trading Co, Said Bawazir Trading Corp. (SBTC), dan Jarir Bookstore. Primaduta Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah Indonesia kepada buyer yang telah setia mengimpor produk Indonesia.

Sekilas Perdagangan Indonesia-Arab Saudi

Total perdagangan Indonesia dengan Arab Saudi pada tahun 2017 tercatat USD 4,54 miliar dengan nilai ekspor sebesar USD 1,37 miliar dan nilai impor sebesar USD 3,16 miliar. Pada tahun tersebut, Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan sebesar USD 1,78 miliar dengan nilai defisit migas sebesar USD 2,35 miliar dan surplus nonmigas sebesar USD 569,62 juta.

Total perdagangan Indonesia dengan Arab Saudi pada periode Januari—September 2018 tercatat USD 4,42 miliar dengan nilai ekspor USD 921,69 juta dan nilai impor sebesar USD 3,5 miliar. Produk ekspor utama Indonesia ke Arab Saudi adalah kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, produk kertas, cakalang, dan arang kayu.

“Kegiatan misi dagang ini diharapkan mampu mendatangkan lebih banyak produk-produk Indonesia ke Arab Saudi dan pada akhirnya berkontribusi dalam membantu meningkatkan perekonomian Indonesia,” pungkas Arlinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DPR Kecewa Ekonom Terkait Century Masuk Istana

JAKARTA-Kalangan DPR kecewa dengan sikap Presiden Jokowi yang malah mengundang

Polisi Tangkap John Sumantri, DPO Dalam Kasus Penipuan Rumah Subsidi

TANGERANG-Polres Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan telah mengamankan Direktur Utama PT