Naik 12,1% di 2023, Laba Bersih MTDL Tembus Rp 650,8 Miliar

Thursday 28 Mar 2024, 11 : 36 pm
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

Sementara itu, segmen consumer terkoreksi dari tahun sebelumnya sebesar 7%, relative lebih kecil dibandingkan dengan penurunan permintaan pasar Consumer TIK yang mencapai belasan persen di tahun 2023 ini.

Unit bisnis distribusi yang dikelola Perseroan terlihat akan semakin cerah, seiring keberhasilan anak perusahaan PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mendapatkan kepercayaan sebagai distributor resmi IBM.

Dengan diraihnya kepercayaan tersebut, Perseroan siap untuk mengembangkan AI (artificial intelligent) generatif untuk bisnis dengan menawarkan produk perangkat lunak dan perangkat keras IBM yang komprehensif, termasuk produk advanced server, storage, dan software yang termutakhir untuk memenuhi kebutuhan konsumen bagi sektor pasar komersial di Indonesia.

Peningkatan pendapatan unit bisnis solusi dan konsultasi terutama didukung oleh penjualan kepada sektor keuangan, telekomunikasi, serta minyak dan gas bumi (segmen Enterprise) yang bertumbuh sebesar 29,7% YoY.

Selain itu, peningkatan pendapatan juga diperoleh berkat inisiatif Perseroan untuk menyediakan solusi TIK yang inovatif dan relevan dengan perkembangan transformasi teknologi saat ini.

Trend teknologi yang marak di pasar Solusi TIK terutama berasal dari Cloud Hyperscaler, Digital Business Platform, Business Application, Cybersecurity, Software Subscription dan SaaS, dan uniknya pendapatan yang diterima cenderung bersifat recurring.

Sampai dengan 2023 kemarin, unit bisnis solusi dan konsultasi membukukan kontribusi pendapatan recurring sebesar 38,7%.

Terkait prospektifnya unit bisnis solusi dan konsultasi tersebut, MTDL telah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan FPT Information System (FPT IS), sebuah perusahaan terkemuka dalam digital transformation di Vietnam.

Bersama FPT, MTDL hendak bertujuan untuk mengeksplorasi kemungkinan bersinergi dalam Perusahaan solusi transformasi digital kelas dunia, yang didukung oleh solusi Cloud, Data, dan Artificial Intelligence, guna menangkap peluang digital Indonesia yang terus berkembang.

Kedua perusahaan akan bersama-sama fokus mempromosikan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) guna meningkatkan produktivitas dan mempercepat kemajuan menuju pencapaian tujuan ‘Visi Indonesia 2045’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mahfud MD Dapat Doa Khusus Dari Abuya Muhtadi

Dalam orasi kebangsaannya, Mahfud menegaskan, dia tak akan kampanye politik

Dion Pongkor: Instrumen RDPT Periode 2009-2016 Raih Untung Rp3,41 Triliun

JAKARTA-Investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di instrumen Reksa Dana Penyertaan