Naik Dua Kali Lipat, GLVA Siap Tebar Dividen Tunai Senilai Rp16 Per Saham

Friday 16 Jun 2023, 6 : 25 pm
by
PT Galva Technologies Tbk

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Galva Technologies Tbk (GLVA) menyetujui pembagian dividen tunai senilai Rp16 per saham atau meningkat hingga 100 persen dibanding setahun sebelumnya.

Menurut keterangan tertulis yang disampaikan manajemen GLVA, Jumat (16/6), perseroan telah melaksanakan RUPST Tahun Buku 2022 di Jakarta pada Kamis, 15 Juni 2023.

Salah satu mata acara Rapat telah memberikan persetujuan pembagian dividen tunai yang mengalami kenaikan 100 persen (year-on-year).

Seperti diketahui, pada tahun lalu GLVA membagikan dividen kepada para pemegang saham senilai Rp8 per saham yang dananya bersumber dari laba Tahun Buku 2021.

Sedangkan, setahun sebelumnya Perseroan juga membagikan dividen Rp6 per saham, dengan sumber dana dari keuntungan Tahun Buku 2020.

Rencananya, dividen tunai untuk Tahun Buku 2022 akan dibayarkan kepada para pemegang saham yang namanya tercatat di Daftar Pemegang Saham (DPS) GLVA pada 27 Juni 2023 (recording date).

Manajemen GLVA menyampaikan, pada Tahun Buku 2022, perseroan membukukan pertumbuhan laba bersih hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini dikontribusi dari unit usaha berbasis solusi. Performa laba bersih GLVA sejalan dengan pertumbuhan penjualan di 2022 yang melesat 33 persen dari tahun sebelumnya.

“Ke depannya, perseroan terus memantapkan langkah usahanya sebagai Solution Company in Technology.

Hal ini tercermin pada kinerja Segmen Solutions Based yang mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 43,44 persen di tahun 2022”.

Pada tahun ini, GLVA mengalokasikan anggaran capital expenditure (capex) sebesar 80 persen lebih tinggi dari alokasi capex di 2022, seiring dengan adanya upaya perseroan untuk meningkatkan recurring income melalui bisnis model managed services.

Sejauh ini entitas anak perusahaan, melalui merek dagang LIBERA disebutkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan dan laba bersih konsolidasian GLVA.

Ekspansi portofolio penjualan produk teknologi informasi bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), ditempuh Perseroan sebagai langkah strategis berkelanjutan yang sekaligus mendukung pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia di era persaingan global yang semakin kompetitif.

Langkah GLVA tersebut juga dilakukan sebagai upaya meningkatkan penetrasi penjualan Perseroan dalam sektor pemerintahan dan BUMN.

Selain itu, GLVA juga meningkatkan pemasaran dan penjualan dengan strategi digital marketing melalui social media dan platform e-commerce, sehingga penjualan di 2022 mengalami pertumbuhan signifikan.

Kinerja positif Perseroan juga terlihat dari profitability ratio, dengan kenaikan return on asset (RoA) dan return on equity (RoE) masing-masing menjadi sebesar 8,62 persen dan 26,71 persen.

Capaian ini menunjukkan bahwa kualitas Perseroan dalam menjalankan setiap operasi telah semakin membaik.

Kenaikan RoE yang disertai dengan peningkatan RoA sekaligus mencerminkan bahwa GLVA melakukan improvements secara excellent dalam pengelolaan aset dan modal secara efisien.

Sehingga, hal ini pada akhirnya mampu memberikan return yang lebih besar atas investasi para pemegang saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fahri : MSI Diduga Mau Perlebar Masalah

JAKARTA-Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali memanggil Fahri Hamzah terkait pencemaran

KemenkopUKM Dorong UMKM Jualan di ‘Marketplace’

JAKARTA-Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menggandeng Grup