Neraca Transaksi Berjalan Membaik

Wednesday 21 Aug 2013, 8 : 44 am
by

JAKARTA-Neraca transaksi berjalan diprakirakan membaik pada semester II-2013. Prospek tersebut dipengaruhi prakiraan pemulihan kondisi ekonomi global dan dampak penyesuaian ekonomi domestic.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta , Selasa (20/8) mengatakan prospek pemulihan ekonomi global yang diikuti peningkatan harga komoditi global yang diprakirakan terjadi pada semester II-2013 diharapkan dapat mendukung peningkatan kinerja ekspor nasional. “Pada sisi lain, tren perlambatan ekonomi domestik serta perkembangan nilai tukar rupiah yang melemah diprakirakan akan dapat mengendalikan impor menjadi lebih rendah. Selain itu, impor minyak diharapkan juga akan menurun antara lain dipengaruhi dampak positif kenaikan harga BBM bersubsidi pada Juni 2013 dan pengaruh perlambatan pertumbuhan ekonomi domestic,” jelas dia.

Namun secara keseluruhan berbagai kondisi tersebut akan mendorong defisit neraca transaksi berjalan pada semester II-2013 menjadi lebih rendah dan terkendali. Perry Warjiyo menegaskan ke depan prospek penurunan defisit neraca transaksi berjalan diharapkan dapat semakin mendukung prospek kesinambungan keseimbangan eksternal karena defisit transaksi berjalan dapat dibiayai secara memadai oleh penanaman modal asing, baik dalam bentuk investasi langsung (FDI) maupun investasi portofolio.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sekjen PDIP Minta Kader Berhenti Pikirkan Kelemahan Lawan

BANTEN-Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengajak kader DPD

Pasar Umroh Nasional Jadi Bidikan BNI Syariah

JAKARTA-PT BNI Syariah menargetkan dapat mencapai pasar umroh sebesar 10