OJK Dorong Pertumbuhan Industri Maritim

Kamis 16 Mei 2024, 11 : 42 pm
by
Sophia Wattimena
Ketua Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Sophia Wattimena

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pertumbuhan iklim investasi yang baik di industri maritim melalui dukungan industri jasa keuangan serta penerapan tata kelola yang baik dan mengedepankan implementasi best practice.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Audit OJK Sophia Wattimena dalam Seminar Nasional dengan tema “Navigating Economic Horizon: Strategy for Sustainable Maritime Business” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia (AFEBI) di Batam, Rabu.

“Untuk mendukung pertumbuhan iklim investasi di industri maritim, diperlukan adanya governansi yang baik serta mengimplementasikan best practice. OJK akan terus mendorong Industri Jasa Keuangan (IJK) dan Non-IJK dalam hal ini Emiten, untuk menerapkan tata kelola dan ESG sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Sophia.

Sophia menyampaikan, bahwa IJK selama ini telah ikut berkontribusi di sektor maritim melalui penyaluran kredit, asuransi dan penerbitan Efek Bersifat Utang dan Sukuk (EBUS) bagi perusahaan yang bergerak di industri maritim.

Namun demikian, kontribusi IJK pada Industri maritim masih dapat lebih dioptimalkan.

Lebih lanjut, Sophia mencontohkan upaya yang dapat dioptimalkan antara lain perlunya penyempurnaan ekosistem transportasi logistik maritim untuk mengurangi permasalahan terkait disparitas harga di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Untuk mendukung hal tersebut OJK mendorong pelaku usaha di Industri Maritim untuk berkolaborasi dengan Industri Jasa Keuangan untuk penambahan Modal Kerja.

Seminar ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Riau, Rektor Universitas Hasanuddin, Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia (AFEBI) dan Asisten Deputi Investasi Strategis pada Kedeputian Pertambangan dan Investasi di Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

kondisi stabilitas sistem keuangan berdasarkan data September 2021 masih terjaga, dengan kinerja yang terus bertumbuh positif tercermin dari pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana di pasar modal

Catatkan Defisit Rp1,18 Triliun, OJK Minta IBFN Tambah Modal

JAKARTA-PT Intan Barurana Finance Tbk (IBFN) melaporkan bahwa perseroan mengalami

Anggaran Naik, Kemendes PDTT Siap Entaskan Kemiskinan

JAKARTA-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus